nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Atur Uang untuk Mahasiswa yang Ngekos di Jakarta

Minggu 17 Februari 2019 07:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 15 65 2018291 5-tips-atur-uang-untuk-mahasiswa-yang-ngekos-di-jakarta-0KGCVUvlW5.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menjadi mahasiswa rantau yang ngekos di kota Jakarta memang bikin pusing. Bagaimana tidak? Biaya kosan Jakarta yang cukup mahal serta biaya hidup yang tinggi menjadi masalah utama para mahasiswa rantau.

Tapi, kamu enggak perlu bingung lagi. Dengan melakukan beberapa hal anak kost bisa membuat pengeluaran selama merantau di Jakarta jadi lebih murah. Berikut 5 tips atur uang untuk mahasiswa yang ngekost di Jakarta seperti dikutip CekAja, Minggu (17/2/2019).

 

1. Jangan kebanyakan nongkrong

Bukan rahasia lagi, Jakarta merupakan salah satu kota yang punya tempat nongkrong paling banyak di Indonesia. Mengingat kehidupan mahasiswa di perkotaan yang cukup hedon, kalau diikuti terus kamu bisa bangkrut. Maka dari itu, sebaiknya cobalah untuk menahan diri agar tidak terlalu sering nongkrong bareng teman.

 Baca Juga: 5 Alasan Pilih Kos-kosan Sebagai Resolusi Bisnis 2019

Memang sih tidak apa-apa kalau tidak sering, tetapi kalau hampir setiap hari pergi ke cafe dan tempat nongkrong lainnya? Dijamin uang bulanan dari orang tua tidak bakal terasa cukup.

 

2. Pisahkan uang konsumsi dan tabungan

Bagi mahasiswa yang masih mendapatkan uang saku bulanan dari orang tua, segera pisahkan uang konsumsi harian dan tabungan ketika uang tersebut baru diterima. Kalau bisa, sebaiknya miliki dua atau lebih kartu atm. Hal ini berguna untuk mengatur cash flow setiap bulannya.

 Baca Juga: Ingin Bisnis Indekos? Cek Dulu Kewajiban Perizinan Ini

Selain itu, dengan memberlakukan hal ini kamu juga bisa memastikan bahwa setiap bulan ada uang yang masuk ke rekening tabungan.

3. Kalau bisa, masak sendiri biar lebih irit

Apabila di kosan kamu ada fasilitas dapur serta kamu punya kemampuan memasak, maka manfaatkanlah kedua hal tersebut. Karena dengan masak sendiri, pengeluaran untuk konsumsi harian dapat ditekan habis-habisan. Bahkan, bisa lebih dari dua kali lipat lebih hemat dibanding beli makan di warung.

 

4. Cari kosan yang free wifi

Mengingat mahasiswa selalu memiliki tugas-tugas dari dosen, pastinya internet menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Maka dari itu, dibanding menghabiskan uang untuk beli paket data di handphone dan tethering sebaiknya cari kosan yang free wifi.

 Baca Juga: Kuliah Tetapi Harus Ngekos, Pahami Dulu 7 Tipe Teman Sekamar

Memang biasanya kosan dnegan free wifi sedikit lebih mahal, tetapi secara keseluruhan justru bisa bikin pengeluaran bulanan makin irit.

 

5. Sering-sering ngerjain tugas di rumah teman

Ini adalah satu keuntungan yang bisa didapatkan ketika punya banyak teman yang memang asli dan tinggal di Jakarta. Sering-sering ngerjian tugas dan main di rumah teman bisa bikin pengeluaran lebih irit.

Mulai dari pengeluaran untuk makan, karena biasanya kamu bakal dihidangkan makanan oleh orang tua dari teman. Hingga pengeluaran untuk tugas-tugas, ini berlaku kalau di rumah temanmu ada printer dan koneksi internet.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini