nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesepakatan Gagal, Menlu Iran: Eropa Belum Siap Melakukan Investasi Nuklir

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 18 Februari 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 18 18 2019414 kesepakatan-gagal-menlu-iran-eropa-belum-siap-melakukan-investasi-nuklir-ffnPKCLc7c.jpg Menlu Iran (VoA)

MUNICH - Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan upaya Eropa untuk mempertahankan kesepakatan nuklir 2015 gagal dan dukungan sebagian orang Iran untuk memulai kembali program atom negara itu meningkat.

"Kami menghargai bahwa Eropa telah melakukan banyak hal secara politis. Tetapi Eropa belum siap untuk melakukan investasi (nuklir). Belum siap untuk membayar ganjarannya," kata Zarif kepada delegasi di Konferensi Keamanan Munich hari Minggu (17/2/2019) waktu setempat.

 Baca juga: Iran Tuduh Amerika Sabotase Peluncuran Satelit yang Gagal

Dia menuduh Amerika Serikat dan Israel berusaha berperang dengan negaranya.

Wakil Presiden AS Mike Pence sebelumnya menuduh Eropa membantu menopang rezim pembunuh di Teheran dengan menciptakan mekanisme yang membobol sanksi AS.

 Baca juga: Potret Kehidupan Wanita Iran saat Revolusi Islam, dari Wajib Hijab hingga Kebebasan Pendidikan

Wahana tujuan khusus yang secara resmi disebut INSTEX adalah sistem pembayaran yang dirancang untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan Eropa untuk berdagang dengan Iran dan menghindari sanksi AS, jelas pengacara sanksi Nigel Kushner dari perusahaan W Legal yang berbasis di London.

Eropa berharap Iran akan menunjukkan kesabaran, tambah Kushner. Menurutnya, Iran mau menunggu dan berharap tahun depan Presiden Donald Trump tidak akan terpilih lagi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini