nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Sudah Boleh Masuk Tol, Ini Rutenya

Mufrod, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 21 15 2021189 motor-sudah-boleh-masuk-tol-ini-rutenya-n5vVBLcMmT.jpg Pengendara motor (foto: Ist)

JAKARTA - Wacana pengendara sepeda motor harus mendapat kesetaraan dengan pengemudi mobil untuk bisa masuk tol, hingga kini terus menjadi pertimbangan bagi pemerintah.

Di Indonesia sendiri, pengendara masuk jalan tol bukan larangan, mengingat sepeda motor saat ini sudah diperbolehkan masuk jalan tol. Diantaranya tol di Madura dan Bali.

Dalam waktu dekat pemerintah akan membuka kembali rute baru jalan tol untuk pengendara sepeda motor yakni tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Tol tersebut menghubungkan wilayah di Jawa Barat seperti Bandung menuju Bandara Kertajati.

 

Rencana jalur tol sepeda motor baru ini diungkap Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menjelaskan jalur tol Cisumdawu akan dipertimbangkan untuk bisa digunakan oleh pengendara sepeda motor.

"Ada wacana dari masyarakat, yang menginginkan motor masuk Tol Cisumdawu. Karena Bandara Kertajati banyak pegawainya yang dari Bandung, sehingga masyarakat kelihatan punya wacana seperti itu," ujarnya di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Kamis (21/2/2019).

"Pasalnya dari segi aturan sudah ada. PP-nya juga sudah ada. Kan sudah dipakai di Madura dan Bali kan itu ada motor sepanjang jalan tol," tuturnya.

 

Terkait jalan tol yang ada di Jakarta, ia menjelaskan kondisinya agak sulit karena tidak ada lahan. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada investor yang ingin membangun jalur tol khusus motor di tol dalam kota.

"Namun, saya memastikan kalau tol di dalam Tol Jakarta saya kira sudah susah. Kalau Cisumdawu masih ada lahannya. Jaraknya 30 kilometer. Masih oke," tutupnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini