nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Orang Sukses yang Pernah Drop Out dan Kembali Kuliah

Minggu 24 Februari 2019 07:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 22 65 2021341 5-orang-sukses-yang-pernah-drop-out-dan-kembali-kuliah-GC5TTCEQUP.jpg Oprah Winfrey (Foto: Instagram)

JAKARTA - Dunia profesional tidak kekurangan tokoh sukses yang drop out dari universitas; Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs adalah beberapa contoh yang paling sering disebut dan pilihan hidup mereka ini kerap ditiru oleh mahasiswa-mahasiswa yang mengidolakan sosok-sosok tersebut.

Meski begitu, konsep drop out untuk mengejar kesuksesan di dunia entrepreneurship menuai kontroversi dan faedahnya dipertanyakan—bahkan disebut mitos.

Di tengah-tengah ramainya sorotan terhadap sosok sukses yang drop out dari kuliah, beberapa pesohor ini cukup unik karena mereka kembali lagi untuk menyelesaikan pendidikan yang tertunda. Simak kisah singkat mereka yang dilansir dari Qerja.com:

1. Stephen Spielberg

Steven Spielberg drop out dari jurusan perfilman California State University di tahun 1968 untuk membuat film pendek berjudul Amblin. Film inilah yang menghantarkannya menjadi sutradara termuda yang mendapat kontrak kerja jangka panjang dari studio film besar.

Baca Juga: Mengenal Kwong Siu-hing, Janda Terkaya Hong Kong Miliki Rp210 Triliun

Sukses menyutradarai film-film ikonik tidak lantas membuatnya puas begitu saja, Di tahun 2002, ia kembali ke universitas yang ditinggalkannya dulu dan menyelesaikan studi melalui berbagai proyek dan program independen.

2. Carly Fiorina

Wanita pertama yang menjadi CEO perusahaan Fortune 20 ini keluar dari program kuliah hukum di UCLA pada tahun 1976. Setelahnya, ia bekerja sebagai resepsionis, guru, dan sekretaris selama beberapa tahun, sebelum memasuki dunia IT sebagai Sales Rep di AT&T. Dari sana, ia terus mendaki jenjang karier hingga menduduki posisi pemimpin di HP.

Di tengah-tengah berbagai profesi yang ia dalami, ia berhasil meraih MBA di tahun 1980 dan kemudian MS di tahun 1986.

3. Oprah Winfrey

Ketika Oprah Winfrey masih berstatus sebagai murid di Tennessee State University, ia sudah mendapat banyak pekerjaan di dunia broadcasting, Ratu talkshow ini kemudian drop out persis sebelum kelulusan.

oprah

Fast forward ke tahun 1987, di puncak kesuksesannya sebagai ratu talkshow, Oprah Winfrey diundang universitas tersebut untuk jadi pembicara upacara kelulusan. Ia menolak, karena merasa perlu menyelesaikan studinya dulu. Ia akhirnya pun resmi lulus di tahun 1986.

4. Dick Chenney

Mantan wakil presiden di bawah pemerintahan George Bush ini pernah kesulitan menjalani harinya di Yale dan drop out dua kali karena mendapat nilai buruk. Setelahnya, ia bekerja di beberapa tempat dan kembali menuntut ilmu di bidang Political Science di University of Wyoming tahun 1965.

5. David Plouffe

Nama Plouffe mungkin terkesan kurang familiar, tapi di dunia perpolitikan Amerika, ia termasuk tokoh yang cukup tersohor sebagai manajer kampanye presidensial Obama tahun 2008. Ia meninggalkan bangku kuliah di University of Delaware pada tahun 1989 untuk mengejar karier di dunia politik, namun kembali di tahun 2010 untuk menyelesaikan pendidikannya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini