nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepanjang Januari, Korban Tenggelam di Jambi Mencapai 8 Orang

Azhari Sultan, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 10:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 25 340 2022371 sepanjang-januari-korban-tenggelam-di-jambi-mencapai-8-orang-sXkcq33z68.jpg Ilustrasi tenggelam. (Foto: Shutterstock)

JAMBI – Basarnas Provinsi Jambi mencatat pada periode Januari 2019 ada sebanyak 10 musibah yang terjadi di wilayah Jambi. Dari 27 orang yang mengalami musibah itu, 8 orang meninggal dunia.

Petugas Analis Operasi Basarnas Provinsi Jambi Dio Putra mengatakan, mereka yang meninggal dunia terjadi di wilayah perairan.

"Ada 8 orang yang meninggal dunia, 17 orang lainnya berhasil diselamatkan petugas," ucap Dio, Senin (25/2/2019).

(Baca juga: Wisata ke Pantai Tanjung Penghujan, Dua Pelajar Tewas Tenggelam)

Berdasarkan catatan Basarnas Jambi, dimulai pada 2 Januari, 2 pendaki Gunung Kerinci dilaporkan hilang atas nama Nina (25) dan Fajri (25). Setelah dilakukan pencairan, mereka ditemukan dalam keadaan selamat dan luka ringan.

Kemudian pada 5 Januari, petugas menemukan Febri Februari (17), korban hanyut tenggelam di aliran Sungai Batanghari di Batang Merangin. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, setelah petugas melakukan pencarian selama dua hari.

Ilustrasi tenggelam. (Foto: Shutterstock)

Dilanjutkan di Kota Jambi, yakni banjir yang menimbulkan genangan air setinggi lutut orang dewasa pada 8 Januari. Petugas selama dua hari mengevakuasi sebanyak 12 warga di Perumahan Bougenville yang dikenal sebagai daerah rawan banjir.

Selanjutnya di Kabupaten Tebo, setelah melakukan pencarian yang cukup panjang, ditemukan mayat bocah berumur bernama Falan (5). Ia dilaporkan hanyut di Sungai Batang Sumay pada 10 Januari.

"Sebuah kapal speedboat dilaporkan tenggelam. Tiga orang selamat dan satu orang meninggal dunia atas nama Guntur (50) di perairan Tanjungjabung Timur pada 13 Januari," ujar Dio.

(Baca juga: Belum Ditemukan, Pendulang Emas yang Hilang Terseret Arus Diduga Tertimbun Pasir Limbah Freeport)

Satu hari kemudian, 14 Januari, petugas menemukan mayat Aidil (20) di Sungai Batang Tebo; Sarmidi (35) di Sungai Batang Tembesi Kabupaten Merangin pada 16 Januari; Abdul Halim (35) di Sungai Batanghari di Desa Sepunggur Bungo pada 17 Januari; Nanik Rimawati (10) di Sungai Batanghari Mersam pada 19 Januari; dan M Syarif (38) di Sungai Bengkal Tebo pada 28 Januari.

"Selama proses evakuasi, kita dibantu oleh TNI-Polri dan masyarakat setempat," tutur Dio.

Dengan kejadian ini, ia mengimbau masyarakat lebih berhati-hati, terutama yang berdomisili di sekitar tepi arus Sungai Batanghari, Jambi.

"Apalagi saat musim hujan yang menyebabkan banjir, orangtua yang memiliki anak agar mengawasi aktivitasnya di luar," ujar Dio.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini