nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tujuh Kontainer Surat Suara Pemilu Tiba di Pelabuhan Tenau Kupang

Adi Rianghepat, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 13:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 26 340 2022979 tujuh-kontainer-surat-suara-pemilu-tiba-di-pelabuhan-tenau-kupang-sb3yfzvHrh.jpg Ketua KPU NTT Thomas Dohu (kiri batik) dan komisioner Bawaslu (kanan) saat meninjau kontainer pembawa surat suara. (Foto: Ist)

KUPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mengirim surat suara untuk dipakai dalam pelaksanaan pemilihan calon anggota legislatif dan presiden-wakil presiden pada Rabu 17 April 2019. Sebanyak tujuh kontainer berisi surat suara hari ini tiba di Pelabuhan Tenau, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Ya tadi kami sudah pantau dan benar ada tujuh kontainer surat suara itu," kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu NTT, Jemris Fointuna, di Kupang, Selasa (26/2/2019).

Dia mengatakan, tujuh kontainer berisi surat suara yang dikirim dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan, itu akan didistribusi ke tujuh kabupaten dari 22 kabupaten/kota yang ada di NTT.

Jemris menyebut tujuh kabupaten yang akan mendapat logistik surat suara dalam pengiriman pertama adalah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Selain itu juga akan dikirim ke Kabupaten Rote Ndao, Sabu Raijua, Lembata, dan Kabupaten Sumba Barat Daya. "Sementara sisanya 15 kabupaten akan segera tiba. Nanti akan kami informasikan," kata Jemris.

(Baca juga: Polri Punya Satgas Nusantara yang Bertugas Dinginkan Tensi Politik di Medsos)

Ketua KPU NTT Thomas Dohu mengatakan, distribusi surat suara ke masing-masing kabupaten akan dilakukan oleh penyedia jasa pengiriman. Sesuai jadwal yang diperoleh, kata dia, setiap daerah bakal disalurkan mulai hari ini.

Kota Kupang dan Kabupaten Kupang mulai disalurkan ke KPU masing-masing daerah pada hari ini. Selanjutnya pada Rabu 27 Februari ke Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Lalu penyaluran di Pulau Flores dan Sumba akan mengukuti jadwal pelayaran feri milik ASDP. Pada 27 Februari disalurkan ke Rote Ndao, 28 Februari ke Sumba Barat Daya, 1 Maret ke Kabupaten Sabu Raijua, dan 4 Maret ke Kabupaten Lembata.

"Untuk 15 kabupaten lainnya segera tiba dan langsung disalurkan ke KPU kabupaten masing-masing," kata Thomas.

Sementara itu secara terpisah Ketua KPU Kota Kupang Ismail Manoe mengatakan baru akan mendapat logistik surat suara pada Rabu 27 Februari. Hal itu, kata dia, dikarenakan surat suara untuk pemilih di Kupang disatukan dengan daerah lain yang pembongkarannya membutuhkan waktu.

"Rencananya besok (Rabu) baru jadwal pengirimannya dari pelabuhan ke KPU," kata Ismail.

(Baca juga: KPK Minta Capres-Cawapres Memerincikan Laporan Harta Kekayaannya)

Sementara terkait kotak suara, Ismail mengatakan sudah selesai dirakit. "Semuanya sudah beres dirakit dan sedang disimpan aman di gudang," katanya.

Ismail menyebut ada sebanyak 5.969 kotak yang sudah dirakit. Kotak suara itu bakal didistribusi ke 1.126 TPS dan panitia pemilihan kecamatan (PPK). "Jadi untuk setiap TPS akan ada total 5.969 kotak, termasuk untuk rekapitulasi di kecamatan," ujarnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini