nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani: 20.225 Anak Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 27 65 2023571 sri-mulyani-20-225-anak-indonesia-kuliah-di-luar-negeri-zm7czMkCV3.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan beragam program pendidikan. Salah satunya melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Dia menyatakan, dengan program tersebut puluhan ribu anak muda Indonesia dapat mengenyam pendidikan tinggi di universitas-universitas terbaik di dunia. Sehingga, kata dia, pendidikan tinggi tak hanya dimiliki anak dengan latar belakang keluarga yang mempunyai kemampuan finansial.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hingga akhir Januari 2019 penerima beasiswa LPDP sudah sebanyak 20.255 orang.

Baca Juga: Ingin Kuliah S1 hingga S3 di Amerika? Begini Mekanismenya

"Jadi sudah 20.000-an orang kita kirim ke universitas terbaik. Jadi tidak hanya Anin (Anindya Novyan Bakrie) yang sekolah di Standford University. Anin bisa sekolah kan karena dia enggak pernah mikirin butuh berapa biaya pendidikan yang dibayar. Tapi kan 20.000-an orang yang lain mereka butuh itu (memikirkan biaya pendidikan)," ujarnya dalam acara Kadin Entrepreneurship Forum 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Sekedar diketahui Anindya Bakrie adalah putra sulung dari pengusaha nasional Aburizal Bakrie. Sang ayah juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada dua periode selama tahun 1994 hingga 2004.

sri mulyani

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyatakan, dengan belanja pendidikan yang dianggarkan pemerintah, kini semua anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk mengenyam pendidikan tinggi. "Jadi tidak hanya satu Anin yang kita punya, ada 20.000-an Anin yang lain. Tidak hanya anak yang di Jakarta, atau hanya anaknya mantan Ketua Kadin yang bisa di Standford. Sekarang orang yang berada di mana pun dapat mengajukan dan mendapatkan beasiswa," katanya.

Adapun, Standford University merupakan universitas bergengsi yang terletak di California, Amerika Serikat. Beberapa tokoh dunia yang menadi almamater kampus ini yakni Larry Page & Sergey Brin, para pendiri Google, lalu Jawed Karim pendiri YouTube, Brian Acton pendiri WhatsApp, hingga Phil Knight pendiri Nike.

Bendahara Negara tersebut menjelaskan, pemerintah bahkan kini memiliki program beasiswa bagi santri pesantren yang sudah diluncurkan sejak tahun lalu. Program ini dimulai dengan membuka kesempatan pada 100 penerima beasiswa, namun ternyata peminatnya melampaui 1.600 orang.

"Jadi semangat untuk belajar itu besar sekarang, dan pemerintah menggunakan instrumen fiskal untuk fasilitasi kebutuhan tersebut," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini