nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaftaran UTBK Dibuka Hari Ini, Simak Syarat dan Tahapannya

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Jum'at 01 Maret 2019 10:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 01 65 2024363 pendaftaran-utbk-dibuka-hari-ini-simak-syarat-dan-tahapannya-HuRisbpK9I.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA – Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka Jumat 1 Maret 2019 untuk gelombang pertama. Pendaftaran tersebut bisa dicek di website resmi ltmpt.ac.id

Mulai tahun 2019, persyaratan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seperti dikutip situs LTMPT, Jakarta, Jumat (1/3/2019), UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

 Baca Juga: Pendaftaran UTBK Resmi Dibuka Hari Ini, Apa Faedahnya?

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

Tujuan dari UTBK ini tak lain untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Selain itu dapat memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti tes secara fleksibel dalam memilih waktu dan lokasi tes.

Pelaksanaan UTBK dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

 Baca Juga: Persiapan Siswa Masuk PTN, Penuhi Dulu Syarat Daftar UTBK

Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT antara lain: tes dilakukan lebih dari 1 (satu) kali, peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta :

1. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2019 atau peserta didik Paket C tahun 2019.

2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2017 dan 2018 atau lulusan Paket C tahun 2017 dan 2018.

3. Membayar biaya UTBK.

Tahapan mengikuti UTBK adalah sebagai berikut.

1. Mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password

2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1x24 jam.

4. Melakukan login ke laman pendaftaran https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK.

5. Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini