nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Orang Sukses di Dunia Meskipun Tanpa Sekolah

Sabtu 02 Maret 2019 16:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 02 65 2024969 8-orang-sukses-di-dunia-meskipun-tanpa-sekolah-orang-r8y0xAeu3B.jpg Walt Disney (Foto: NyDailyNews)

JAKARTA - Orang yang memiliki pendidikan otodidak dikenal dengan nama autodidak. Anda tidak disarankan menjadi autodidak atau tidak mendapatkan gelar akademis apa pun karena setiap orang harus memenuhi syarat agar mendapatkan pekerjaan layak. Dan salah satu syarat itu adalah pendidikan. Meski demikian ada sejumlah tokoh dapat membuktikan dirinya bisa sangat sukses meski tanpa pendidikan formal.

1. William Shakespeare


William Shakespeare adalah penyair, penulis naskah dan aktor Inggris, lahir pada 26 April 1564 di Inggris. Ia tidak memiliki pendidikan formal di luar tata bahasa. Ia secara luas dianggap sebagai penulis terbesar dan populer sepanjang masa.

Beberapa drama pertamanya adalah tentang genre komedi dan sejarah. Kemudian ia menulis drama tragedi termasuk Hamlet, King Lear dan Macbeth. Karyanya meliputi 38 drama, 154 soneta dan dua puisi panjang

2. Walt Disney


Walt Disney adalah kartunis, produser, penulis skenario, dan seorang dermawan AS. Ia memiliki pendidikan formal hanya hingga kelas 8 dan karena tidak ada yang mempekerjakannya, ia memutuskan membuka perusahaan komersialnya sendiri.

Pada 1920, ia membentuk perusahaan bernama Iwerks and Disney Commercial Artists. Tiga tahun kemudian, ia mendirikan "The Walt Disney Company". Ia dianggap sebagai ikon nasional di industri animasi paman Sam. Dia memenangkan 22 Academy Awards dan tujuh Emmy Awards.

3. Thomas Edison


Thomas Edison lahir pada 11 Februari 1847 di Michigan, AS. Ia dikeluarkan dari sekolah karena memiliki beberapa masalah pendengaran. Ia menjual koran dan permen di kereta dan belajar autodidak . Perlahan ia melengkapi bakatnya sebagai pengusaha dan mendirikan 14 perusahaan, termasuk General Electric.

Ia menemukan bola lampu listrik dan banyak perangkat lain. Edison dianggap salah satu ilmuwan terhebat yang memegang lebih dari 1.093 paten AS

4. Dhirubhai Ambani


Dhirubhai Ambani adalah salah satu taipan bisnis India terbesar, lahir pada 28 Desember 1932. Ia tidak belajar di sekolah dan datang ke Mumbai pada 1958 untuk memulai bisnis rempah-rempah. Kemudian ia mendirikan Reliance Industries pada 1966 dan sekarang perusahaannya memiliki lebih dari 85.000 pengusaha dan Reliance Industries terdaftar di antara perusahaan-perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

5. Henry Ford


Henry Ford adalah pendiri perusahaan motor Ford, lahir pada 30 April 1863. Pada usia 15 tahun, ia meninggalkan sekolah dan mendapatkan popularitas sebagai tukang reparasi arloji.

Pada 1893, ia merancang mesin bensin dan menamai mobil pertamanya sebagai "Ford Quadricycle" tetapi produk mobil itu gagal. Tidak putus asa, Ford mendirikan Ford Company pada 30 November 1901 dan mengembangkan mobil pertama untuk kalangan menengah Amerika.

6. George Eastman


George Eastman adalah pengusaha dan wirausaha AS yang mendirikan Eastman Kodak Company. Setelah kematian ayahnya, ia meninggalkan bangku sekolah untuk menghidupi keluarga. Ia ingin melakukan sesuatu besar dalam bisnis fotografi.

Pada 1884, ia mematenkan film gulung praktis pertama. Empat tahun kemudian, ia menemukan kamera pertama yang menggunakan film roll. Ia banyak berkontribusi di bidang film.

7. George Washington


George Washington adalah presiden pertama Amerika Serikat, lahir pada 22 Februari 1932 di Virginia. Setelah kematian ayahnya, ia tidak pergi ke sekolah dan hanya menerima pendidikan dasar dari berbagai tutor. Ia terpilih sebagai Presiden dalam pemilihan 1789 dan 1892.

Dengan gaya kepemimpinannya, ia membangun negara yang hebat dan kuat. “Bapak Negara" AS ini digambarkan sebagai ikon internasional untuk pembebasan dan nasionalisme.

8. Rabindranath Tagore


Rabindranath Tagore lahir pada 7 Mei 1861 dan dikenal luas sebagai orang non-Eropa pertama yang memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang sastra. Ia adalah penyair, penulis cerita, novelis, komposer lagu dan pelukis. Ia membenci sistem pendidikan formal.

9. Indira Gandhi


Indira Gandhi adalah Perdana Menteri India keempat dari 1966 hingga 1977. Sejak kecil dia belajar secara autodidak di rumah oleh tutor hingga matrikulasi. Ia jago dalam studi dan memutuskan menyelesaikan pendidikannya di Universitas Oxford.

Ia digambarkan sebagai perdana menteri wanita India pertama dan perempuan milenium terhebat. Indira dibunuh oleh pengawalnya pada 31 Oktober 1984 di kediaman Perdana Menteri, New Delhi.

10. Christopher Columbus


Christopher Columbus adalah seorang penjelajah dan navigator Italia, yang lahir di Republik Genoa pada 31 Oktober 1450. Ia telah menjelalajah laut pada usia 10 tahun.

Ia memegang pengetahuan berharga tentang angin perdagangan dan memiliki pengetahuan navigasi handal sehingga sukses mengarungi Samudra Atlantik. Pada usia 40, ia menemukan banyak negara Eropa dan benua Amerika.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini