nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hyundai Recall Ratusan Ribu Unit Mobil Akibat Rentan Kebakaran Mesin

Mufrod, Jurnalis · Minggu 03 Maret 2019 15:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 03 15 2025224 hyundai-recall-ratusan-ribu-unit-mobil-akibat-rentan-kebakaran-mesin-8wSK9Wyu6K.jpg Hyundai (Ist)

NEW YORK - Lembaga Keselamatan dan Keamanan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) lagi-lagi kembali mengumumkan bahaya pada produk mobil yang dipasarkan di negara tersebut. Kali ini mobil dari produsen Korea Selatan, yaitu Hyundai dan Kia yang terkena recall.

Dalam keterangan resmi NHTSA seperti dilansir Carscoops, Minggu (3/3/3019), sebanyak 378 ribu unit mobil dari dua merek tersebut dikabarkan bermasalah. Fatalnya persoalan mekanis pada mesin dilaporkan berdampak terjadinya kebakaran pada sektor mesin.

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Kia Soul dengan mesin 1,6 liter dapat mengalami suhu gas buang tinggi yang memungkinkan partikel memasuki ruang bakar dan menciptakan pembakaran mesin yang tidak normal. Jika pembakaran abnormal ini berlanjut, batang penghubung piston dapat menyebabkan blok mesin patah dan bocor oli, sehingga meningkatkan risiko kebakaran kendaraan.

Kia (st)

Memperbaiki masalah, teknisi Kia akan memutakhirkan perangkat lunak ECU terkait dan catalytic converter akan diganti jika menunjukkan tanda-tanda kerusakan dan kepanjangan yang sama untuk mesin.

Tucson dan Sportage ditarik kembali karena potensi kebocoran oli mesin yang dipicu penyegelan yang tidak memadai selama perakitan. Jika mobil didorong untuk jangka waktu yang lama dengan kebocoran panci oli, mesin kendaraan dapat rusak dan kemungkinan risiko kebakaran meningkat. Pembuat mobil belum merinci bagaimana mereka akan memperbaiki masalah ini, tetapi kemungkinan besar akan melibatkan penggantian atau pengecoran ulang panci minyak.

(Baca Juga : Sasar Pencinta Surfing, Mobil Konsep Nissan Dibekali Shower Portable)

Selain itu, Kia dan Hyundai akan meluncurkan peningkatan perangkat lunak untuk 3,7 juta kendaraan yang tidak ditarik kembali dalam upaya untuk melindungi mereka dari kerusakan mesin dan juga akan menawarkan jaminan baru untuk masalah mesin.

(Baca Juga : Wuling Mulai Gencar Pasarkan Almaz di Daerah, Medan Kota Kedua Setelah Jakarta)

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini