nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petinggi Taliban Berharap Pasukan Asing Ditarik dari Afghanistan

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 03 Maret 2019 05:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 03 18 2025112 petinggi-taliban-berharap-pasukan-asing-ditarik-dari-afghanistan-Ohbhmlj5y1.jpg Petinggi Taliban Suhail Shaheen (foto: AP/VOA)

AFGHANISTAN - Petinggi Taliban, Suhail Shaheen berharap perundingan dengan Amerika Serikat (AS) dewasa ini dapat menjurus ke penarikan pasukan dan membiarkan bangsa Afghanistan sendiri merundingkan persoalan mereka untuk mengakhiri perang yang sudah bertahun-tahun.

Namun, dalam keterangan kepada VOA Shaheen menjelaskan baik gencatan senjata maupun isu-isu terkait dialog perdamaian intra Afghanistan tidak masuk dalam agenda pembicaraan dengan interlokutor Amerika tahap ini. Shaheen berbicara bagi perwakilan tidak resmi Taliban di Qatar.

(Baca Juga: Pria Afghanistan Enggan Perempuan di Negaranya Lebih Bebas) 

Sudah ada kemajuan dalam kedua isu itu tetapi pembicaraan belum selesai dan akan dilanjutkan sampai ada keputusan, katanya kepada VOA.

Ia mengatakan delegasi Taliban dan Amerika akan melanjutkan pembicaraan di Doha hari Sabtu untuk mencoba menyiapkan ‘suatu rancangan kesepakatan’ yang diharapkan kedua pihak bisa menjadi landasan untuk memajukan penyelesaian terhadap konflik itu lewat proses perdamaian intra Afghanistan.

(Baca Juga: Taliban Serang Pangkalan Militer Afghanistan, 25 Tentara Tewas)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini