nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Lima Tahun, Warga Gaza Akhirnya Bisa Pergi Umrah ke Arab Saudi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 17:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 04 18 2025678 setelah-lima-tahun-warga-gaza-akhirnya-bisa-pergi-umrah-ke-arab-saudi-8tsRgczpcH.jpg Rombongan pertama jamaah umrah berangkat pada 3 Maret 2019. (Foto: Anadolu)

GAZA – Warga Gaza akhirnya dapat menunaikan ibadah umrah untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir setelah Mesir mengizinkan mereka pada Minggu untuk pergi ke Arab Saudi melalui perlintasan perbatasan di Rafah. Dibukanya perlintasan perbatasan di Rafah ini adalah yang pertama kalinya sejak 2014.

Bulan lalu, Menteri Agama dan Urusan Wakaf Palestina, Yusuf Ideis mengumumkan dimulainya kembali perjalanan Umrah dari Jalur Gaza yang diblokade setelah jeda selama lima tahun. Menurut sumber-sumber kementerian, gelombang pertama jemaah umrah akan berangkat dari Gaza ke Arab Saudi pada 3 Maret.

Sumber-sumber itu mengatakan, rombongan ini termasuk sedikitnya 800 jamaah umrah yang telah memperoleh dokumentasi perjalanan yang diperlukan dari pemerintah Saudi.

"Kantor-kantor perusahaan perjalanan ziarah di Gaza telah dibanjiri oleh mereka yang ingin melakukan perjalanan suci," kata Ketua Perusahaan Haji dan Umrah Gaza, Awad Abu Mazkour kepada Anadolu sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Senin (4/3/2019).

Sejak akhir 2014, warga Gaza tidak dapat melakukan ziarah ke Arab Saudi karena Mesir terus menutup perbatasan Rafah.

Pada Januari, pihak berwenang Mesir melonggarkan pembatasan perjalanan melalui perlintasan, yang menghubungkan Gaza yang diblokade Israel, ke Semenanjung Sinai Mesir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini