nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditemukan 2 WNA Terdaftar Sebagai DPT di Kota Cirebon

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 22:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 04 525 2025806 ditemukan-2-wna-terdaftar-sebagai-dpt-di-kota-cirebon-7yG3DwaOFj.jpg Bawaslu Cirebon (Foto: Fathnur/Okezone)

CIREBON - Ada dua warga negara asing (WNA) yang diketahui memiliki KTP elektronik (e-KTP) dan tercantum sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019, di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Mohamad Joharudin, selaku Ketua Bawaslu Kota Cirebon mengatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan kepada 215 WNA di Kota Cirebon yang memiliki e-KTP. Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata pihaknya menemukan ada dua WNA yang tercantum sebagai DPT.

"Bawaslu melakukan pengawasan kepada daftar pemilih WNA, dari total 215 yang memiliki KTP elektronik ditemukan 2 WNA terdaftar di DPT," kata Joharudin, di gudang KPU Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (4/3/2019).

Joharudin menjelaskan, dua WNA tersebut bernama Yumiko Kashu (59) asal Jepang dan Yap Soe Bok (78). Mereka terdaftar sebagai DPT di TPS 12 di Kelurahan Kesambi, serta di TPS 10, Kelurahan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

"Saat ini kami masih melakukan verifikasi faktual. Kami mencari tahu keberadaan mereka, " jelasnya.

Baca Juga: Soal E-KTP WNA, Kemendagri: Banyak Warga Asing Belum Terdata

Bawaslu Cirebon

Ia mengungkapkan, dari 215 WNA pemilik e-KTP di Kota Cirebon sebagian besar dimiliki oleh warga negara Cina, Korea Selatan, Jepang dan sebagainya.

"Dengan UU No 7 tahun 2017 pasal 198 disebutkan jika hak pilih atau orang yang memiliki hak pilih hanya Warga Negara Indonesia (WNI) yang pada pemilihan memasuki usia 17 tahun atau sudah menikah. kalau bukan WNI tidak boleh memilih," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya akan merekomendasikan ke KPU agar menghapus nama-nama WNA tersebut dalam DPT Kota Cirebon.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon Didi Nursidi mengatakan, pihaknya belum menerima kabar adanya WNA pemilik e-KTP yang terdaftar sebagai DPT di Kota Cirebon.

"Saya belum dapat informasi. Nanti kami akan cermati dan pelajari dulu, akan kita lakukan langkah dan rekomendasi Bawaslu," pungkasnya.

Baca Juga: Urus E-KTP di Tangsel, Warga Sampai Menginap di Kantor Disdukcapil

(edi)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini