nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawaslu Cari Keberadaan 2 WNA yang Masuk DPT Pemilu

Toiskandar, Jurnalis · Selasa 05 Maret 2019 00:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 04 525 2025815 bawaslu-cari-keberadaan-2-wna-yang-masuk-dpt-pemilu-HCnXTsLpxP.jpg Bawaslu Cirebon menemukan ada 2 WNA masuk DPT Pemilu (Foto: Toiskandar)

CIREBON - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon, Jawa Barat menemukan adanya dua warga negara asing (WNA) yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) menjelang pemilu serentak 2019 mendatang.

Bawaslu menemukannya ketika melakukan pengecekan dari data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di mana terdapat 215 WNA yang memiliki KTP elektronik. Dari jumlah itu, dua WNA di antaranya masuk dalam DPT.

Dua WNA tersebut, yaitu Yumiko Kashu asal Jepang, wanita 59 tahun itu terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Kelurahan Kesambi, Kecamatan Kesambi. Sedangkan, satu WNA lagi bernama Yap Soe Bok asal China, laki laki 78 tahun itu terdaftar di TPS 10 Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Pekalipan.

(Baca Juga: Ditemukan 2 WNA Terdaftar Sebagai DPT di Kota Cirebon

Atas temuan ini, kata Mohammad Joharudin, Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Bawaslu akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Jawa Barat untuk langkah ke depannya.

Bawaslu Cirebon menemukan WNA masuk DPT 

Bawaslu juga akan melakukan verifikasi faktual mengenai keberadaan WNA tersebut, apakah masih berada di kota Cirebon atau kah sudah tidak lagi berada di Cirebon.

Sementara itu, meski adanya temuan dua WNA yang masuk dalam DPT oleh Bawaslu, KPU Kota Cirebon sendiri mengaku belum mendapatkan informasi dari Bawaslu. KPU mengaku telah berkoordinasi secara lisan dengan Disdukcapil, bahwa jumlah WNA di kota cirebon mencapai 240, namun tidak memilik KTP.

Menurut Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, jika temuan Bawaslu benar, maka WNA tersebut akan dicoret dari daftar DPT karena tidak memenuhi syarat.

(Ari)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini