nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag: Banyak Pihak Dukung Pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Bramantyo, Jurnalis · Senin 04 Maret 2019 18:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 04 65 2025705 menag-banyak-pihak-dukung-pengembangan-perguruan-tinggi-keagamaan-islam-negeri-54rrR5zYfd.jpg Foto: Menag (Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO - Menteri Agama Lukman meresmikan gedung baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, yang terletak di Kecamatan Kartasura pada hari ini.

Gedung baru tersebut merupakan Gedung Pendidikan Terpadu dengan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang aktivitas akademis seperti, ruang kelas, ruang dosen, administrasi.

Saat ini, IAIN Surakarta memiliki 4 fakultas, yakni ushuluddin dan dakwah, syariah, ilmu tarbiyah dan keguruan, ekonomi dan bisnis islam, serta pasca-sarjana.

 Baca Juga: Menag Sebut Prodi Agama Kurang Diminati Calon Mahasiswa

Disebutkan jika Kementerian Agama fokus dalam membangun, mengembangkan sarana, prasarana yang ada di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini jumlahnya ada 58 PTKIN terbagi, 7 STAIN, 34 IAIN, dan 17 UIN.

"Alhamdulillah, saya bisa hadir dan menghadiri obrolan (diskusi) santai, sekaligus dalam meresmikan gedung baru," kata Menag, Senin (4/3/2019).

Disebutkan juga pihaknya berupaya agar PTKIN bisa lebih mengembangkan diri ke depannya. Pasalnya banyak lulusan ponpes juga madrasah juga ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

"PTKIN harus mengembangkan diri, banyak lulusan ponpes, madrasah kita ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Intinya kita serius mengembangkan dunia perguruan tinggi Islam di Indonesia," katanya,

 Baca Juga: Program Studi Aktuaria Belum Banyak, Padahal Sangat Dibutuhkan Industri Keuangan

Sementara itu terkait alokasi anggaran yang digunakan untuk mendukung pengembangan PTKIN ini, Menag menyampaikan jumlahnya sangat banyak.

"Selain APBN, Kemenag juga memanfaatkan dana-dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan memanfaatkan lembaga donor asing," katanya.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini