nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Tertunda, 2 Nobel Sastra Diberikan Tahun Ini

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 12:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 06 65 2026498 sempat-tertunda-2-nobel-sastra-diberikan-tahun-ini-oqAyDaXTP7.jpg Ilustrasi: Foto Svenskaakademien

STOCKHOLM – Nobel Foundtion akan memberikan penghargaan Nobel Sastra 2018 dan 2019 tahun ini. Pemberian Nobel Sastra itu tertunda setelah skandal seks yang terungkap tahun lalu.

“Akan mungkin lagi menganugerahkan penghargaan Nobel Sastra dan para penerimanya akan diseleksi untuk penghargaan 2018 dan 2019,” papar pernyataan Nobel Foundation di Swedia kemarin.

Nobel Foundation tahun lalu menghentikan akademi memberikan penghargaan setelah sejumlah tuduhan skandal seks terhadap suami salah satu anggota juri hingga melumpuhkan lembaga tersebut.

“Akan ada dua penghargaan Nobel seperti kita harapkan. Rapat berjalan baik,” papar Kepala Akademi Anders Olsson kepada suratkabar Swedia, Dagens Nyhetertold, setelah menghadiri rapat yayasan Nobel tersebut.

Baca Juga: Hadiah Nobel Sastra 2018 Ditunda

Jean-Claude Arnault, fotografer suami anggota akademi Katarina Frostenson, dipenjara tahun lalu setelah vonis kasus pemerkosaan. Frostenson keluar dari lembaga itu pada Januari setelah penyelidikan menemukan dia membocorkan nama-nama pemenang penghargaan. Skandal itu pertama kali muncul pada akhir 2017 dan kasus itu menjadi krisis terbesar yang dialami akademi Nobel dalam lebih dari 200 tahun sejarahnya.

Baca Juga: Cara Atasi Grogi saat Presentasi atau Berpidato

Sejumlah anggota akademi pun mundur sebagai bentuk protes. Sejak saat itu, akademi menunjuk beberapa anggota baru dan membentuk komite penghargaan baru yang bertujuan memulihkan kepercayaan publik dan memperoleh kembali hak memilih para pemenang penghargaan sastra paling pres tisius di dunia tersebut.

Kepala Nobel Foundation Lars Heikensten yang bertindak sebagai penjaga penghargaan itu memperingatkan tahun lalu bahwa lembaganya mungkin menghapus peran akademi dalam memberikan Nobel Sastra.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini