Indonesia Kirim Bantuan Senilai USD1 Juta untuk Pengungsi Palestina di Yordania

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 07 Maret 2019 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 07 18 2027041 indonesia-kirim-bantuan-senilai-usd1-juta-untuk-pengungsi-palestina-di-yordania-Lh5vhPEbfb.jpg Menlu Retno Marsudi berfoto bersama Komisioner Jenderal UNWRA di Amman, Yordania. Foto: Okezone/Kemenlu

AMMAN – Indoneisa memberikan bantuan sebesar USD 1 juta atau setara Rp14 juta kepada pengungsi Palestina yang berada di Amman, Yordania.

Pemberian bantuan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada Bada Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina atau UNWRA.

Bantuan kemanusiaan diberikan untuk membantu kebutuhan makanan dan kesehatan bagi para pengungsi.

Retno menyampaikan bahwa kontribusi Indonesia tersebut menunjukan kebersamaan dan komitmen Indonesia untuk terus membantu rakyat Palestina.

“Isu Palestina ada di jantung politik luar negeri Indonesia, dan menjadi perhatian dan keprihatinan rakyat Indonesia,” kata dia dalam pernyataan.

Kunjungi Kamp Pengungsi

Retno juga mengunjungi kamp pengungsi Palestina di Amman, Yordania, untuk bertemu dengan para siswa dari Sekolah New Amman Camp.

“Jangan pernah menyerah, jaga semangatmu dan Insyaallah semuanya akan lebih baik di masa datang,” kata Retno kepada para siswa Palestina.

Baca: Ini Berbagai Bentuk Dukungan Indonesia bagi Palestina

Sekolah New Amman Camp merupakan salah satu dari 171 sekolah yang didirikan di berbagai kamp pengungsi Palestina di Yordania untuk memenuhi kebutuhan sekitar 121 ribu pelajar.

Dengan dukungan negara-negara sahabat, termasuk Indonesia, UNRWA juga telah menyediakan antara lain 25 pusat kesehatan, 10 pusat rehabilitasi berbasis masyarakat, dan 14 pusat program perempuan untuk mengakomodasi kebutuhan dasar para pengungsi.

Di kamp pengungsi tersebut saat ini terdapat lebih dari 78 ribu orang pengungsi Palestina. New Amman Camp merupakan salah satu dari 10 kamp yang tersebar di Yordania, di mana sekitar 370 ribu orang pengungsi Palestina lama menetap.

Secara total, terdapat lebih dari 2 juta pengungsi Palestina yang berada di wilayah Yordania. Sebagian besar mengungsi pasca Nakba, yaitu eksodus sekitar 700 ribu warga Palestina setelah meletusnya Perang Arab-Israel pada 1948.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini