nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dampak Bisnis Nissan, Mulai Kurangi Pekerja hingga Batal Produksi X-Trail

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 09 Maret 2019 14:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 09 15 2027765 dampak-bisnis-nissan-mulai-kurangi-pekerja-hingga-batal-produksi-x-trail-d7LFLbe7qW.jpg Produksi mobil Nissan di pabrik Sunderland (Foto: Skynews)

LONDON - Produsen Nissan Motor akhirnya memutuskan untuk membatalkan produksi generasi terbaru X-Trail di pabrik SUnderland. Pembatalan diketahui akibat regulasi emisi yang berubah.

Ketua Nissan Eropa Gianluca de Ficchy mengatakan dalam sebuah surat kepada para pekerja di Sunderland pada bulan Februari bahwa banyak yang telah berubah sejak perusahaan Jepang mengumumkan rencana untuk membangun Qashqai dan X-Trail baru di Inggris pada Oktober 2016.

 

"Sejak saat itu, seperti yang Anda tahu, lingkungan industri mobil di Eropa telah berubah secara dramatis," ungkap Ficchy seperti dilansir dari Daily Mail, Sabtu (9/3/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, Nissan harus melakukan investasi yang sangat besar untuk memenuhi regulasi emisi. Hal tersebut dinilai berat ditengah penjualan X-trail yang terus turun beberapa tahun belakangan.

 

Pabrik Sunderland sendiri, merupakan fasilitas terbesar yang dimiliki Nissan di Inggris, beberapa model seperti Qashqai sebagai model terlaris hingga kini telah diproduksi sebanyak tiga juta unit.

Akibat masalah kebijakan emisi yang berubah, serta penjualan yang kurang baik, Nissan memutuskan untuk mengurangi produksi yang berimbas pada pengurangan satu shift produksi. Artinya akan terjadi pengurangan karyawan sebanyak 400 orang.

 

Dampak kondisi tersebut juga tak lepas dari masalah Brexit yang juga berdampak pada banyak produsen mobil. Sebelumnya Jaguar Land Rover mengumumkan telah memberhentikan 4.500 karyawan. Dan terbaru Honda juga akan menghentikan pabriknya di Swindon.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini