nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Carlos Ghosn Bebas, Nissan & Mitsubishi Mulai Lucuti Kekuasannya

Mufrod, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 07:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 09 15 2027770 carlos-ghosn-bebas-nissan-mitsubishi-mulai-lucuti-kekuasannya-chdDr9YTvh.jpg Carlos Ghosn (Foto: Ist)

TOKYO - Kabar Carlos Ghosn bebas setelah ditahan sekira 100 hari, dengan jaminan pengadilan distrik Tokyo. Membuat perusahaan aliansi langsung pasang kuda-kuda.

Seperti dikutip dari Japantimes, dua perusahaan Nissan dan Mitsubishi langsung menutup perusahaan patungan yang didirakan Ghosn sejak 2016 di Belanda.

Ghosn dan para pembantunya mulai mempertimbangkan untuk mendirikan perusahaan patungan Belanda sekitar Juni 2016, segera setelah Nissan memutuskan untuk berinvestasi di Mitsubishi untuk mendukung rekonstruksi rekannya yang bermasalah, yang mendapat kecaman atas skandal manipulasi data efisiensi bahan bakar pada saat itu.

 

Perusahaan patungan tersebut belakangan diketahui, didirakan Carlos Ghosn sebagai langkah dirinya mendapatkan renumerasi dari perusahaan yang dipimpinnya tanpa campur tangan dari perusahaan yang ada di Jepang.

Pendirian perusahaan tersebut, merupakan alibi dimana Ghosn mengungkap perusahaan didirakan untuk menyusun strategi yang akan dilakukan Mitsubishi dalam membangun kerjasama lebih maksimal dengan Nissan.

Kedua perusahaan menyuntikkan sekitar ¥ 2,1 miliar dalam usaha patungan tahun lalu untuk membantu menutupi biaya operasinya. Tetapi sekitar setengah dari jumlah itu dibayarkan kepada Ghosn, salah satu direktur dewan direksi, antara April dan November 2018.

 

Penutupan ini juga diketahui untuk memberikan renumerasi kepada jajaran petinggi perusahaan aliansi. Presiden Nissan Hiroto Saikawa dan CEO Mitsubishi Osamu Masuko, keduanya juga anggota dewan Nissan-Mitsubishi, tidak menerima remunerasi dari perusahaan patungan tersebut.

Nissan dan Mitsubishi berencana untuk membuat kerangka kerja baru untuk memperkuat kemitraan mereka.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini