nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Mobil Listrik hingga Kesiapan Pemerintah Siapkan Infrastruktur

Mufrod, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 11:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 15 2028322 tren-mobil-listrik-hingga-kesiapan-pemerintah-siapkan-infrastruktur-SMhHDbVp5U.jpg Salah satu infrastruktur pengisian mobil listrik (Foto: Ist)

JAKARTA - Tren mobil listrik saat ini menjadi solusi yang banyak dipilih industri automotif dalam menghadapi pemanasan global akibat emisi dan persiapan terhadap energi terbarukan yang akan menjadi tuntutan di masa depan.

Mempersiapkan industri tersebut, Pemerintah Indonesia saat ini tengah mempersiapkan infrastruktur khusus untuk pengisian tenaga baterai pada mobil listrik. Namun fasilitas yang disiapkan belum pada tahap membangun stasiun pengisian tenaga listrik seperti yang masih dilakukan di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan wilayah Eropa.

Pemerintah sendiri baru melakukan tahapan penambahan daya listrik pada rumah dengan memberikan penawaran menarik bagi konsumen pemilik mobil listrik yang ingin menambah daya di rumahnya.

 

Tingginya voltase yang dibutuhkan pada beberapa model mobil listrik menjadi hambatan beban daya bagi pemilik mobil listrik. Karenanya pemerintah melalui PLN memberikan penawaran khusus yang juga menjadi fasilitas infrastruktur non umum bagi perkembangan mobil listrik ke depannya.

"PLN ingin memberikan kenyamanan kepada pelanggan untuk lebih leluasa dalam memanfaatkan listrik," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

 

Melalui program ini pemerintah memberikan diskon untuk pelanggan yang akan melakukan penambahan daya listrik mulai dari daya 220 VA sampai dengan 197 kVA. Terdapat 3 kategori diskon yaitu 50%, 75%, dan 100%.

Terkait regulasi kendaraan listrik, Pemerintah juga telah melakukan tahap finalisasi dari Perpres yang akan dikeluarkan dalam waktu dekat. Industri automotif sendiri mengungkap telah siap dengan teknologi mobil listrik untuk pasar Indonesia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini