nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Carlos Ghosn Bebas, CEO Nissan Batal Pensiun Cepat

Mufrod, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 11 15 2028413 carlos-ghosn-bebas-ceo-nissan-batal-pensiun-cepat-jJILXRFx6H.jpg CEO Nissan Motor Saikawa (Foto: Carscoops)

TOKYO - Kabar pembebasan mantan bos aliansi Nissan, Carlos Ghosn setelah dijamin pengadilan distrik Tokyo. Membuat CEO Nissan baru Hiroto Saikawa mengubah keputusannya untuk pensiun.

Sebelumnya Saikawa mengungkapkan akan pensiun dalam waktu dekat ini, namun keputusan tersebut diubahnya setelah beberapa hari kabar kebebasan Carlos Ghosn mulai marak beredar.

Seperti dilansir dari Bloomberg, yang mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah ini, Saikawa mengatakan selama pertemuan internal bahwa ia berencana untuk tinggal setidaknya tiga tahun lagi sebagai CEO untuk membantu Nissan pulih dari skandal Ghosn.

 

Sumber yang sama menyatakan ia merinci rencananya tentang lamanya masa jabatannya kepada eksekutif senior segera setelah konferensi pers 24 Januari, di mana ia mengindikasikan bahwa ia akan menyerahkan posisinya "sesegera mungkin".

Saikawa, yang secara terbuka menuduh Ghosn melakukan pelanggaran keuangan, diangkat sebagai CEO Nissan pada 2017 oleh Ghosn. Ketegangan antara keduanya muncul setelah skandal inspeksi memaksa Nissan menghentikan produksi Jepang selama dua minggu dan menarik satu juta kendaraan. Ghosn kemudian mengkritik Saikawa karena bergerak terlalu lambat untuk mengatasi masalah perusahaan.

 

Terlepas dari rencana Saikawa, tidak ada jaminan bahwa ia akan tetap berada di posisi teratas Nissan jika perusahaan mendapat pukulan serius dari skandal Ghosn. Namun, jika ia berhasil memperkuat posisinya di perusahaan, ia dapat membuat segalanya lebih sulit bagi Renault, yang dikatakan ingin mendorong hubungan yang lebih dalam dengan mitra Jepangnya.

Jika Saikawa memang ingin tinggal selama tiga tahun lagi, itu berarti bahwa masa jabatannya akan diperpanjang hingga 2022 dan bertepatan dengan rencana strategi "MOVE to 2022" Nissan. Menurut "MOVE to 2022", Nissan ingin meningkatkan pendapatan menjadi 16,5 triliun yen ($ 148,6 miliar) dan margin operasinya menjadi 8 persen

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini