nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diguyur Hujan Terus-terusan, Jembatan Cipamingkis Bekasi Amblas Lagi

Wijayakusuma, Jurnalis · Senin 11 Maret 2019 15:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 11 338 2028463 diguyur-hujan-terus-terusan-jembatan-cipamingkis-bekasi-amblas-lagi-lpUnpP8zb8.jpg Foto: Wijayakusuma/Okezone

BEKASI - Jembatan Cipamingkis, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang menghubungkan Jakarta-Cianjur, kembali mengalami amblas akibat terguyur hujan deras yang intens selama kurang lebih satu minggu. Padahal jembatan ini baru saja mendapat perbaikan pada Desember 2017.

Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menjelaskan, awalnya amblas terjadi pada dinding sayap (wing wall) di bangunan lama, yang kemudian berdampak pada konstruksi bangunan yang belum lama diperbaiki.

"Tentunya ini harus segera kita tangani. Untuk awal kita buat surat pernyataan longsor/bencana, karena memang kita lihat kemarin kondisi alamnya memang sangat tinggi hujannya. Bangunan yang lama akhirnya terkena longsor. Untuk bangunan kemarin dibangun akan segera kita perbaiki," katanya di Bekasi, Senin (11/3/2019).

 sd

Saat perbaikan, pihaknya akan menurunkan alat berat untuk menutup titik-titik area yang terbuka akibat longsor, dengan memindahkan bekas coran ke dalamnya. Hal ini sebagai upaya sementara guna mencegah longsor datang lagi ke wilayah tersebut.

"Kedalaman longsoran 2-3 meter. Kita sudah mengusulkan kegiatan cash program dan masih menunggu. Untuk biayanya nanti kita hitung dulu, sekitar Rp1,5-2 miliar," ujarnya.

Iman mengaku PUPR Kabupaten Bekasi sempat melayangkan surat ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) pada 2017 lalu, untuk meminta bantuan penanganan terkait kerusakan pada jalur alternatif Jonggol tersebut.

"Kita minta penanganan agar membuat penurapan sepanjang kali. Kali ini arusnya sudah berubah, menghantam jembatan terus, agar bisa dinormalisasi sehingga airnya tidak menghantam jembatan dan badan jalan. Kalau misalkan tidak ada penanganan dari BBWS, sangat riskan juga untuk penanganan yang kita lakukan," paparnya.

"Kita juga berharap dari Kementerian PU bisa turun kesini melihat kondisi Cipamingkis dan segera melakukan penanganan. Kita pun sudah melayangkan surat pada Maret 2018, tapi sampai saat ini belum ada respon. Tapi kalau SK cash programnya sudah ada, diharapkan sebelum lebaran kita sudah bisa lewati," jelasnya.

Sementara itu, guna mengantisipasi pengamanan lalu lintas, saat ini di lokasi diberlakukan sistem satu jalur. Dan yang diperbolehkan melintas hanya khusus kendaraan kecil saja.

"Kalau untuk kendaraan besar, kita arahkan bisa ke Jonggol, terus bisa lewat lagi Wibawa Mulya. Kami mengimbau kendaraan besar kita larang untuk melintas, sampai jembatan ini bisa dipergunakan," kata Camat Cibarusah, Enop Can.

Pihak camat juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan Koramil setempat untuk upaya pengalihan arus lalu lintas. Adapun kendaraan dari arah Kabupaten Karawang, akan dialihkan menuju Cariu, Jonggol, Kabupaten Bogor.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini