nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Segera Masuk, Pemerintah Siapkan Pajak 0%

Mufrod, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 13 15 2029252 mobil-listrik-segera-masuk-pemerintah-siapkan-pajak-0-gP6VB9FSRI.jpg Mobil listrik (Foto: Ist)

JAKARTA - Langkah pemerintah untuk mendorong populasi mobil listrik mencapai 20 persen pada 20205, akan diimbangi dengan pembebasan pajak atau nol persen pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Hal tersebut diungkapkan langsung Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dimana kebijakan pajak 0 persen seiring dengan usulan perubahan skema PPnBM bagi kendaraan bermotor roda empat. Dimana pengaturannya pajak akan dikenakan berdasarkan emisi dan tidak lagi dari besaran kapasitas mesin.

"Pajak diturunkan ke nol persen, karena semuanya berbasis emisi, karena mobil listrik berdasarkan emisi bukan kapasitas mesin atau Cc," ujar Erlangga seperti dikutip dari Antara.

 

Pemberlakukan pajak nol persen juga menjadi pertimbangan mengingat produksi mobil listrik jauh lebih mahal dibanding mobil konvensional. Karenanya diperlukan insentif dari pemerintah untuk mendorong produksi mobil listrik.

Di beberapa negara maju, pemberian insentif besar-besaran sudah dilakukan beberapa tahun lalu. Seperti Pemerintah China yang memberikan insentif sebesar Rp100 juta untuk satu unit mobil listrik.

 

Dalam skema baru PPnBM, pemerintah akan memberikan insentif untuk empat jenis kendaraan emisi karbon rendah. Dalam pembahasan aturan tersebut, rencananya insentif akan diberikan untuk Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), kendaraan elektrik hybrid (hybrid EV/HEV), Kendaraan Plug in HEV, Kendaraan Flexy Engine, dan Kendaraan Listrik,

Industri automotif nasional sendiri telah siap memboyong teknologi mobil listrik, mengingat banyak agen pemegang merek di negara prinsipilnya telah memiliki model mobil listrik. Sehingga dinilai tak sulit untuk memasukkan mobil listrik ke Indonesia. Namun saat ini produsen masih menunggu Perpres yang mengatur mobil listrik.

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini