nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakistan Sukses Uji Coba Rudal Pintar di Tengah Ketegangan dengan India

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 15:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 13 18 2029446 pakistan-sukses-uji-coba-rudal-pintar-di-tengah-ketegangan-dengan-india-ZzsekSt4CK.jpg Foto: AFP.

ISLAMABAD – Angkatan udara Pakistan mengumumkan bahwa salah satu jet tempur JF-17 mereka telah berhasil menguji coba rudal pintar buatan dalam negeri. Pengumuman itu disampaikan di tengah ketegangan antara Islamabad dengan negara tetangganya, India.

“Senjata tersebut telah dikembangkan, diintegrasikan, dan dikualifikasikan hanya melalui upaya asli ilmuwan dan insinyur Pakistan. Percobaan yang berhasil telah memberikan JF-17 Thunder kemampuan yang sangat kuat dan terjamin untuk menyerang berbagai target dengan akurasi yang tepat siang dan malam, ” Demikian pernyataan dari Layanan Publik Inter-Relasi Pakistan sebagaimana dilansir Sputnik, Rabu (13/3/2019).

BACA JUGA: Pakistan Tembak Jatuh Dua Pesawat India, Tangkap Seorang Pilotnya

Pimpinan Angkatan Udara Pakistan, Mujahid Anwar Khan menggambarkan pencapaian itu sebagai sebuah tonggak penting bagi negara itu. Dia menambahkan bahwa jika ada negara yang menjadikan Pakistan sebagai sasaran agresi, Islamabad akan membalas dengan kekuatan penuh.

Sementara itu, Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) telah melakukan uji coba senjata multi-barrel berpemandu, Pinaka di Pokharan, Negara Bagian Rajashtan pada 12 Maret. Uji coba tersebut merupakan yang ketiga kali dilakukan dan berakhir dengan sukses.

Perkembangan itu terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara Pakistan dan India menyusul serangan angkatan udara di sebuah kamp yang diduga sebagai basis kelompok militan di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan. Serangan udara New Delhi dipicu oleh serangan bom bunuh diri kelompok Jaish-e Mohammad yang berbasis di Pakistan yang menewaskan 40 tentara India.

Serangan udara itu memicu eskalasi konflik yang berujung pada ditembak jatuhnya dua pesawat tempur India oleh militer Pakistan sehari kemudian.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini