nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengemudi Ini Gunakan Karet Gelang sebagai Pengganti Ban

Mufrod, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 14:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 15 2029897 pengemudi-ini-gunakan-karet-gelang-sebagai-pengganti-ban-vdcaDCyplh.jpg Karet gelang digunakan untuk roda ban (foto: Ist)

MOSCOW - Seorang pengemudi nekat menggunakan karet gelang yang dipasangkan ke lingkar pelek mobil, untuk menggantikan fungsi karet ban pada umumnya.

Sedikitnya dibutuhkan 25 ribu karet gelang untuk membentuk keliling diameter pelek dengan tapak melebihi bibir pelek agar bisa menapak ke jalan. Permukaan pelek yang telah dilampaui gulungan karet menandakan roda karet gelang bisa digunakan.

 

Pelek yang telah dikelilingi karet gelang tersebut, pengemudi melakukan uji jalan dengan mobilnya. Pada kecepatan lambat karet gelang yang terdapat di pelek masih cukup kuat menapak ke jalan. Namun saat mobil dibawa dengan kecepatan tinggi karet mulai terlepas dari gulungan peleknya.

Permukaan jalan yang kurang baik membuat karet terlepas dan bergesekan keras sehingga gulungan karet yang terlihat mengumpul terlepas satu persatu. Karena tidak memiliki perekat kuat diantara gulungan yang telah menyatur tersebut.

 

Seperti dikutip dari Motor1, pengemudi tersebut mengerjakan karet gelang ke peleknya, selama tiga malam. Namun karet gelang tersebut terlepas hanya dalam waktu 20 detik saja.

Pengujian tersebut dilakukan sebagai upaya membuktikan karet gelang digunakan sebagai pengganti roda, namun hal tersebut dinilai cukup bahaya.

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini