nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rem Mobil Otomatis Mulai Jadi Standar Keselamatan di Beberapa Negara

Mufrod, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 14 15 2030009 rem-mobil-otomatis-mulai-jadi-standar-keselamatan-di-beberapa-negara-31B3X354hy.jpg Perangkat Keselamatan otomatis (Foto: Autoevolution)

NEW YORK - Perangkat keselamatan aktif saat ini banyak dikembangkan produsen mobil, tujuannya meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan bagi yang berdampak langsung bagi pengemudi maupun pengguna jalan raya lain.

Salah satu perangkat keselamatan aktif yakni pengereman otomatis saat ini menjadi perangkat standar yang harus ada di beberapa negara seperti beberapa negara di Eropa dan saat ini Amerika Serikat yang mengharuskan produksi mobil memiliki perangkat tersebut.

Keputusan penggunaan perangkat rem otomatis dikeluarkan badan keselamatan dan keamanan lalu lintas jalan raya yang mengharuskan mobil memiliki rem otomatis untuk semua mobil yang dijual di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Terkait aturan baru ini, sebanyak 20 produsen mobil akan mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah setempat. Dan salah satu produsen yang sudah menggunakan rem otomatis sebelum aturan dikeluarkan yakni Tesla Motors, produsen mobil listrik.

 

Selain Tesla, produsen Toyota telah menggunakan teknologi tersebut dengan hampir 90 persen model mobil yang dijualnya memiliki pengereman otomatis. Disusul Mercedes Benz dan Volvol yang telah menggunakan teknologi yang sama.

Sistem pengereman otomatis bekerja menggunakan sensor yang menangkap jarak objek yang dinilai berbahaya, dan menyampaikan perintah ke komputer kemudian memerintahkan rem bekerja secara otomatis.

(muf)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini