nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Santri Gelar Salat Gaib bagi Muslim Korban Penembakan di Selandia Baru

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 19:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 18 2030574 ratusan-santri-gelar-salat-gaib-bagi-muslim-korban-penembakan-di-selandia-baru-xWxWF9ElZK.JPG Ratusan Santri di Bogor Gelar Salat Gaib bagi Korban Teror di Selandia Baru (Foto: Putra Ramadhani/Okezone)

BOGOR - Ratusan santri menggelar salat gaib di Pondok Pesantren Daarul Uluum, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Salat gaib ini dilakukan sebagai bentuk belasungkawa terhadap umat Islam yang menjadi korban penembakan di Selandia Baru.

"Hari ini kami lakukan sesuatu yang (hukumnya) fardu kifayah melakukan bela sungkawa sebagai orang muslim yaitu salat gaib bersama para santri ketika kami dapat informasi saudara kita umat muslim di Selandia Baru yang ditembaki," kata salah satu pengurus Pesantren Daarul Uluum, Hasbulloh di lokasi, Jumat (15/3/2019).

Hasbuloh mengutuk keras aksi penembakan yang menewaskan sekitar 40 orang dan melukai puluhan lainnya itu. Ia menganggap bahwa aksi yang dilakukan di dalam masjid tersebut termasuk tindakan terorisme.

"Menurut kami itu sudah masuk dalam tindakan terorisme. Untuk itu kami di kalangan pesantren khususnya Daarul Uluum mengutuk keras perlakukan orang tidak bertanggung jawab. Kami nyatakan ini tindakan terorisme kepada umat muslim," tuturnya.

Santri Salat Gaib di Bogor

Dirinya berharap kepada pemerintah Selandia Baru maupun Indonesia segera bertindak dan mengimbau agar seluruh umat Islam sedunia untuk senantiasa waspada.

"Kami minta aparat penegak hukum di Selandia Baru menindak tegas, jangan sampai memicu kemarahan umat muslim di dunia. Pesan untuk pemerintah Indonesia mengimbau WNI di luar negeri untuk berhati-hati dan melindungi mereka karena Indonesia negara muslim terbesar di dunia," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini