nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampus LPTK Didorong Punya Labschool Khusus Olahraga, Bagaimana Konsepnya?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 65 2030330 kampus-lptk-didorong-punya-labschool-khusus-olahraga-bagaimana-konsepnya-h1m8YFU5oM.jpeg Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berencana membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang olahraga. Nantinya Sekolah kejuruan khusus olahraga ini akan menjadi bagian dari Labschool dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Meristekdikti) Mohammad Nasir pembentukan sekolah kejuruan khusus olahraga tersebut masih sebatas rencana. Perlu pembahasan dan diskusi lebih lanjut dengan pihak LPTK terkait wacana tersebut.

"Kami juga berencana membuat SMK khusus olahraga," ujarnya dalam acara Coffee Morning, di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Baca Juga: Menperin Fasilitasi 4.275 Perjanjian Kerjasama SMK dan Industri

Menurut Nasir, dengan adanya SMK khusus ini bertujuan untuk menghasilkan atlet-atlet profesional di bidang olahraga. Sehingga semakin banyak atlet profesional yang berprestasi yang dihasilkan oleh SMK-SMK kejuruan.

"Kalau bisa nyambung itu bisa menghasilkan atlet-atlet profesional," ucapnya.

Nantinya lanjut Nasir, SMK khusus olahraga ini akan menjadi bagian dari LPTK. Lulusan SMK ini nantinya diproyeksikan untuk bisa langsung masuk menuju kampus tersebut.

"Sebagian laboratorium LPTK di bidang keolahragaan. Kalau bisa nyambung itu bisa menghasilkan atlet-atlet profesional," jelasnya.

Sementara itu, ditemui terpisah Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Ismunandar mengatakan, pembentukan tersebut masih sebatas rencana awal. Nantinya pemerintah mendorong agar semua kampus LPTK memiliki labschool khusus olahraga.

menristek

Menurutnya, selama ini kampus LPTK seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) baru memiliki labschool secara umum. Sedangkan yang khusus olahraga belum ada meskipun kampus tersebut ada jurus dan Fakultas khusus olahraga.

"Iya itu masih rencana. Kita mendorong agar semua LPTK punya Labschool khusus olahraga. Belum makanya ini lagi coba kita dorong. Selama ini kan labschool yang umum," jelasnya.

Ismunandar mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan wacana tersebut akan terwujud. Namun yang pasti, rencana tersebut akan dilakukan secara bertahap. Saat ini sendiri rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan internal. Setelah pembahasan internal rampung baru akan membawa wacana ini menuju tingkat Kementerian.

"Iya nanti kita kaji dulu. Ini masih diskusi internal. Ini baru diskusi awal," ucapnya.

Nantinya lanjut Ismunandar labschool ini akan menampung bibit bibit olahraga yang unggul. Dan para siswa yang lulus dari labschool tersebut akan diproyeksikan untuk masuk di kampus LPTK.

"Iya bisa (lulus SMK diterima di kampus LPTK) arahnya sih memang ke sana. Konsepnya sama kaya labschool pada umumnya," jelasnya.

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini