nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program Studi yang Bisa Diambil bagi Tak Suka Matematika dan Sains

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Sabtu 16 Maret 2019 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 16 65 2030895

JAKARTA - Meskipun telah berulang kali diberitahu tentang pentingnya mempelajari matematika dan mata pelajaran yang berhubungan dengan sains, beberapa dari kita tidak berhasil dengan baik dalam bidang studi ini, tidak peduli seberapa keras kita berusaha.

Tetapi itu tidak masalah, bukan berarti Anda ditakdirkan untuk gagal. Ketika datang ke studi universitas, ada banyak gelar yang tidak mengharuskan Anda menjadi ahli matematika atau sains. Anda pasti menemukan satu yang sesuai dengan minat Anda dan bermain sesuai kekuatan Anda, baik itu bahasa, tulisan, musik, atau sesuatu yang lain sama sekali!.

Jadi, jika Anda membenci matematika dan sains, ada alternatif program studi lain yang bisa Anda pertimbangkan. Seperti dilansir dari Study International, Jakarta, Sabtu (16/3/2019). Diantarannya sebagai berikut :

1. Akting

BA dalam Akting, atau mereka yang berada di bidang seni dramatis, tidak hanya mempersiapkan siswa untuk kerajinan itu sendiri, tetapi juga mengembangkan keterampilan abad ke-21 yang berkontribusi pada kesuksesan profesional mereka, seperti kewirausahaan, menumbuhkan kehadiran media sosial dan bekerja dengan media baru untuk meningkatkan kemampuan kerja.

2. Komunikasi

A BA dalam Komunikasi (atau Komunikasi Massal dan sejenisnya) adalah utama seni liberal populer. Gelar ini dapat mempersiapkan siswa untuk berbagai karir di berbagai industri, baik itu media, hubungan masyarakat, periklanan, pemasaran atau bahkan pendidikan, tergantung pada perannya. Jurusan komunikasi bisa luas, memaparkan Anda ke mata pelajaran yang berkaitan dengan hubungan masyarakat, etika, komunikasi perusahaan, dan banyak lagi. Hampir setiap industri membutuhkan pakar komunikasi, dan dengan mengumpulkan pengalaman yang diperlukan, Anda dapat meningkatkan kemampuan kerja Anda di masa depan.

3. Bahasa Inggris dan Sastra

Jurusan ini mungkin ideal untuk siswa yang pembaca yang rakus. Anda dapat menghabiskan banyak waktu membaca dan mendiskusikan teks, menjelajahi berbagai jenis literatur, termasuk karya-karya modern dan tradisional, yang dapat membantu Anda memperluas perspektif Anda, mempertajam kemampuan berpikir kritis Anda dan bahkan meningkatkan keterampilan Anda untuk mengekspresikan diri. Gelar ini dapat mempersiapkan Anda untuk peran dalam berbagai karir, baik itu menulis, jurnalisme, hubungan masyarakat atau bahkan pemasaran.

4. Sejarah

Jika Anda suka membaca dan belajar tentang masa lalu - tidak hanya menghafal fakta-fakta ini - mata kuliah sejarah mungkin cocok untuk Anda.

Secara umum, Anda akan dihadapkan pada berbagai modul dan diharapkan untuk menganalisis tren, memahami bagaimana mereka telah membentuk zaman modern dan bahkan mempelajari pertanyaan filosofis. Dengan gelar ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melanjutkan studi pascasarjana jika Anda tertarik dalam penelitian, sedangkan karier lain yang dapat Anda ikuti termasuk bekerja di museum, menulis, dan jurnalisme.

5. Musik

Jurusan seni pertunjukan lain membuat daftar - BA dalam Musik (atau Teater Musikal, Pertunjukan Musik, Studi Jazz dan sejenisnya) cenderung menawarkan kurikulum berbasis praktik untuk melengkapi pengetahuan teoritis dan akademik Anda. Anda mungkin terpapar dengan subjek seperti teori musik, teknologi, dan sejarah, di samping yang lain, di samping pengalaman praktis.

Tergantung pada program Anda, Anda dapat dinilai melalui campuran penilaian tertulis dan praktis, di samping kursus. Jadi, apakah Anda mencari karir profesional di bidang musik, baik itu di bidang hiburan atau bahkan industri pendidikan, gelar di bidang itu bisa terbukti sangat berharga.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini