nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banjir Bandang Menyebabkan Akses Jalan ke Sentani Terputus

Edy Siswanto, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 00:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 340 2030997 banjir-bandang-menyebabkan-akses-jalan-ke-sentani-terputus-sKlU00gYQm.jpg Banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

SENTANI – Banjir Bandang yang menerjang wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, sejak pukul 21.00 WIT, membuat akses jalan dari dan ke wilayah ini terputus.

Beberapa Titik yang menjadi lokasi tergenangnya air adalah Jalan Raya Sentani, tepatnya di depan Hotel Tabita hingga kawasan Lanud Jayapura di Sentani. Ada juga di wilayah Doyo Baru hingga Depapre.

Arus banjir bandang cukup kuat hingga menyebabkan material berupa pohon dan batang kayu, perabot rumah tangga, serta kendaraan bermotor terseret arus dan menutupi jalan.

(Baca juga: Banjir Bandang Terjang Sentani Jayapura, Tiga Orang Meninggal Dunia)

Aparat gabungan TNI, Polri, BPBD, SAR, serta relawan sampai saat ini masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir.

Beberapa warga bahkan harus mengungsi ke Pos AU di Sentani akibat terjangan banjir bandang tersebut.

Alfiah, salah seorang warga Doyo Baru, terpaksa mengungsi akibat akses ke rumahnya tidak bisa dilalui. "Tidak bisa jalan pulang, karena air masih tutup jalan, dan arusnya cukup kuat. Jadi saya berpikir cari aman saja," kata dia kepada Okezone, Minggu (17/3/2019) dini hari.

(Baca juga: Kendaraan, Jembatan, hingga Rumah Warga di Sentani Rusak Diterjang Banjir Bandang)

Ia menyatakan tidak sendiri menjadi korban bencana alam ini, ada sekira 15 warga turut mengungsi ke Pos AU di Sentani.

"Ada empat keluarga, sekitar 15 orang semuanya. Ada anak-anak juga di sini," kata Alfiah.

Hingga kini di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya masih diguyur hujan. Intensitasnya sudah menurun, namun banjir belum surut.

Warga pun diimbau selalu waspada. Ini untuk menghindari hal-hal yang terburuk.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini