Jelang Pilpres, Menkominfo Sebut Berita Hoax Makin Meningkat

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 605 2031069 jelang-pilpres-menkominfo-sebut-berita-hoax-makin-meningkat-UntodwAR8I.jpg Menkominfo, Rudiantara (foto: Luthfi/Okezone)

MALANG - Mendekati gelaran Pemilu 2019 penyebaran hoax di media sosial kian meningkat dari catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, perkembangan penyebaran hoax atau berita bohong dari bulan ke bulan mendekati Pemilu kian meningkat.

"Jumlah hoax sendiri secara keseluruhan yang kami pantau dari Agustus 2018 yang teridentifikasi, tervalidasi, dan terverifikasi itu 25. Desember sudah 75 hoax, naik 3 kali, Januari sudah 175 hoax, 7 kali dari bulan Agustus 2018," terangnya usai acara 'Santun Bermedia untuk Pemilu Damai' di Kota Malang, Sabtu (16/3/2019) malam.

 s

Bahkan kenaikan signifikan terjadi di bulan Februari 2019, Kemenkominfo mencatat ada 350 lebih berita hoax yang beredar di media sosial yang teridentifikasi dan tervalidasi pihaknya.

"Saya yakin potensi hoax lebih banyak lagi karena kan memverifikasi dan memvasilidasi juga perlu proses tersendiri. Dari keseluruhannya hoax sekitar pemilu," tuturnya.

Pihaknya menyoroti kenaikan berita hoax ini lantaran kian mendekati ajanpesta demokrasi sehingga berita - berita hoax disebarkan melalui media sosial.

"Kebanyakan mengarah ke pilpres kepada calon - calonnya itu isinya berita banyak yang tidak benar, ini yang harus kita lawan terus menerus siapapun gak usah lempar hoax lah," tutupnya.

 ss

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini