Terkait Stunting, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Sempat Saling Sindir

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 23:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 17 605 2031339 terkait-stunting-ma-ruf-amin-dan-sandiaga-sempat-saling-sindir-kB6hJGn42B.jpg Debat Cawapres 2019. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Persoalan stunting sempat menjadi perbincangan hangat dalam debat pilpres antara cawapres Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno. Keduanya memiliki pandangan yang berbeda, namun mereka tetap mempertahankan pendapatnya masing-masing.

Awal mula perdebatan itu ketika eks Rais Aam PBNU tersebut menanyakan program sedekah putih kepada Sandi untuk mengatasi masalah stunting di Tanah Air. Menurut dia, itu bukan sebuah solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Ma'ruf mengatakan, solusi terbaik dari masalah stunting adalah memberikan gizi yang baik kepada seluruh ibu hamil agar bisa mendapatkan air susu ibu (ASI) ekslusif selama dua tahun.

"Maka stunting tak bisa diatasi setelah disusukan. Istilah sedekah putih menimbulkan pemahaman yang mengacaukan masyarakat," kata Ma'ruf kepada Sandi dalam debat cawapres, Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Menanggapi hal itu, Sandiaga menyebut program sedekah putih tersebut untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk saling berbagi kepada yang membutuhkan uluran tangan.

"Siapa yang ingin menyumbangkan susu, tablet kacang hijau, silakan, dan ini bagian dari pada program partisipatif kolaboratif. Harus kita libatkan pihak lain, termasuk dunia usaha juga," katanya.

Sandi juga kembali menyindir Ma'ruf, saat ini penggunaan istilah bukanlah hal yang krusial. Dia mengatakan, kini yang dibutuhkan masyarakat yaitu adanya peran serta pemerintah dalam menyelesaikan masalah stunting di Tanah Air.

"Jangan salahkan istilah satu sama lain, ini lebih besar (dari sekadar istilah), tidak perlu saling menyalahkan. Kita fokus selesaikan bersama, karena kami (Prabowo-Sandi) akan bersama kita bangun Indonesia yang lebih baik," ucap Sandi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini