nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Hal Ini Sebelum Kuliah ke Selandia Baru

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 17:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 17 65 2031171 perhatikan-hal-ini-sebelum-kuliah-ke-selandia-baru-F96diCTFEz.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Siapa yang ingin melanjutkan studinya ke Selandia Baru? Yap, semua pasti menginginkannya, tidak mengherankan Selandia Baru merupakan salah satu tujuan studi terpopuler di luar negeri.

Ada delapan universitas di negara tersebut berada di peringkat 3% teratas didunia, menurut peringkat QS.

Melansir studyinternational, Minggu, (17/3/2019), selain pendidikannya yang terkemuka, negara ini memiliki banyak kualitas hebat yang membuatnya sangat menarik bagi siswa internasional, seperti pemandangan alam yang indah, beragam masakan, dan penduduk setempat yang ramah.

 Baca Juga: Cerita Mahasiswa Indonesia Lolos dari Penembakan di Masjid Selandia Baru

Selain itu, kedekatannya dengan Asia menjadikannya pilihan ideal bagi mereka di kawasan ini untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tanpa bepergian terlalu jauh dari rumah.

Negara yang damai ini sangat menyambut siswa internasional, dan banyak universitas menawarkan kursus Bahasa Inggris juga untuk membantu siswa meningkatkan bahasa Inggris mereka dan menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus.

Jika Anda tertarik kuliah di Selandia Baru, inilah yang harus Anda ketahui bagaimana persiapan sebelum mendaftar kuliah ke Selandia Baru

 

Ketahui Jadwal Kuliah

Perhatikan tanggal mulai di universitas tempat Anda berencana melamar, karena tahun akademik di Selandia Baru dimulai dari Februari hingga November dengan istirahat empat minggu pada bulan Juni atau Juli.

 Baca Juga: Sri Mulyani: 20.225 Anak Indonesia Kuliah di Luar Negeri

Sebagian besar universitas mulai menerima aplikasi pada bulan Agustus sebelum tahun ajaran dimulai, jadi Anda harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Program gelar sarjana di Selandia Baru biasanya diselesaikan dalam tiga tahun.

 

Ikuti Tes Kecakapan Berbahasa Inggris

Jika Anda berasal dari negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa utama, Anda harus membuktikan tingkat bahasa Inggris Anda cukup baik. Semua kursus Anda akan diajarkan dalam bahasa Inggris dan itu adalah bahasa utama di negara ini. Itu sebabnya siswa membutuhkan pemahaman yang kuat tentang mata pelajaran tersebut.

Jika Anda perlu mengikuti tes, IELTS umumnya direkomendasikan karena tes kecakapan bahasa Inggris yang paling populer dan diakui dunia. Namun, periksa persyaratan yang tepat dengan universitas, dan tanyakan tes apa yang mereka sarankan Anda ambil sebelum Anda mendaftar untuk IELTS.

Rencanakan Keuangan Anda

Anda harus memberikan bukti bahwa Anda mampu membayar biaya sekolah dan biaya hidup di Selandia Baru saat mengajukan permohonan visa pelajar Anda.

Untuk memberi Anda gambaran kasar, biaya untuk gelar sarjana berkisar dari NZ USD22.000 hingga NZ USD32.000. Untuk kursus seperti kedokteran dan ilmu kedokteran hewan, biayanya akan lebih tinggi.

 Baca Juga: Ingin Kuliah S1 hingga S3 di Amerika? Begini Mekanismenya

Biaya hidup bervariasi dari satu negara ke negara lain, tetapi Anda harus membuktikan bahwa Anda mampu setidaknya NZ USD15.000 untuk tahun pertama.

Ada banyak beasiswa yang tersedia untuk siswa internasional serta bentuk bantuan keuangan lainnya. Anda juga dapat bekerja hingga 20 jam seminggu dan penuh waktu selama liburan dengan visa studi Selandia Baru.

 

Dokumen yang Anda Butuhkan

Sama seperti mendaftar ke universitas asing lainnya, Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan pada waktu yang tepat. Meskipun proses aplikasi berbeda dari satu universitas ke universitas lainnya, inilah yang umumnya perlu Anda kirim:

Pernyataan niat pribadi

Transkrip akademik

Nilai tes yang relevan seperti SAT, A-Levels atau IB Diploma, tergantung pada negara asal Anda

Bukti dana atau bantuan keuangan

Biaya pendaftaran tergantung universitas, tetapi berkisar antara NZ USD25 hingga NZ USD50)

Mendaftar Secara Online

Sebagian besar universitas di Selandia Baru memiliki teknologi canggih, sehingga Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda melalui email atau melalui situs web. Tentu saja, jika Anda lebih suka mendaftar melalui surat siput tradisional, Anda dapat melakukannya juga.

 

Mempersiapkan Aplikasi Visa Pelajar Anda

Setelah Anda menerima surat penerimaan dari universitas, Anda harus mengajukan permohonan untuk visa pelajar Anda, yang diperlukan untuk kursus yang lebih lama dari tiga bulan. Sebagian besar dokumen yang Anda persiapkan untuk aplikasi universitas Anda juga akan diperlukan untuk visa pelajar Anda. Setelah disetujui, Anda siap untuk mendapatkan pendidikan hebat di Selandia Baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini