nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Anggarkan Rp900 Miliar untuk Pelatihan Guru

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 18 Maret 2019 11:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 18 65 2031461 pemerintah-anggarkan-rp900-miliar-untuk-pelatihan-guru-LLIE8oPd0Q.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

SERANG - Pemerintah terus meningkatkan layanan pendidikan guna tercapainya pendidikan yang berkualitas di seluruh Indonesia. Di antaranya melalui pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik.

“Mulai tahun ini pemerintah menganggarkan hampir Rp900 miliar yang akan digelontorkan ke MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Didik Suhardi saat membuka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) 2019 di Pendapa Bupati Serang, Banten, pekan lalu.

Didik berharap, dengan digelontorkannya anggaran ini para tenaga pendidik bisa berkomunikasi dan proaktif membahas berbagai masalah pendidikan dalam forum MGMP.

Baca Juga: 1.000 Guru Digembleng di 15 Negara

Selain itu para tenaga pendidik dapat lebih sering beraktivitas melakukan pelatihan di lokasinya masing-masing sesuai dengan kebijakan zonasi pendidikan yang bertujuan meningkatkan percepatan kualitas layanan pendidikan.

Di samping itu Didik juga mengapresiasi Kabupaten Serang yang telah memberikan perhatian cukup tinggi kepada para guru, baik guru pegawai negeri maupun guru honorer. Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menggelar acara nonton bareng film bertema silat dengan judul Surau dan Silek yang diputar melalui mobil bioskop keliling. Didik mengatakan, saat ini kualitas film nasional dan industri film Indonesia sudah semakin bagus.

“Mari kita mencintai dan menyenangi film Indonesia, karena kualitas film Indonesia semakin bagus,” ungkapnya.

Baca Juga: Puncak Guru Pensiun Harus Diantisipasi

Dia juga mengimbau para orangtua agar mendukung anaka-naknya yang tertarik dengan dunia perfilman agar anak-anak bangsa bisa menguasai film nasional sehingga dapat bersaing dengan pekerja film asing.

“Kalau anak-anak suka dengan film, lalu mau jadi pekerja film, jangan dilarang,” ujarnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang juga hadir pada kegiatan ini mengatakan, di Kabupaten Serang saat ini ada 971 guru honorer K2. Kabupaten Serang mengalokasikan anggaran Rp7,795 miliar untuk membayar gaji guru honorer K2 dan non kependidikan.

“Kami juga memberikan insentif bagi guru dan tenaga kependidikan non-K2. Anggaran yang disiapkan sebanyak Rp14,959 miliar untuk 1.000 lebih honorer non-K2,” kata Ratu Tatu.

Setiap guru honorer K2 di Kabupaten Serang mendapatkan honor Rp750.000 per bulan, sedangkan non-K2 mendapat honor Rp500.000 per bulan. Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan diisi dengan pertunjukan seni bela diri tradisional khas Serang, yaitu silat kaserangan serta pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini