Polda Jatim Keluarkan Jurus Pengamanan TPS saat Pemilu 2019

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 12:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 19 606 2032034 polda-jatim-keluarkan-jurus-pengamanan-tps-saat-pemilu-2019-2Vg0jyuw8v.jpg Persiapan pengamanan TPS saat Pilpres (Foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Polda Jatim sudah menyiapkan pengamanan TPS saat pelaksanaan pemilu 2019. Pasalnya ada tiga pola pengamanan yang dilakukannya.

Tiga pola tersebut yakni, dengan menetapkan TPS tersebut rawan, rawan 1 dan yang ketiga sangat rawan.

 Baca juga: Dicurigai Tak Netral, KPU Akan Perketat Keamanan Pemilu

Dalam pemilu kali semua daerah di provinsi Jatim dan tahapan pemilu harus diwaspadai. Sebab pemilu 2019 berbeda dengan pemilu sebelumnya, yakni pilpres dan pileg dilaksanakan secara serentak. Sedangkan sebelumnya pileg dan pilpres tidak serentak.

"Kita sudah siap menghadapi pesta demokrasi di wilayah Jatim, semoga berjalan aman dan lancar," terang Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat ditemui usai menghadiri Latihan Sispamkota di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Selasa (19/3/2019).

 https://img-z.okeinfo.net/okz/500/library/images/2019/03/02/oarsyyearanm1f5g4l4e_20370.jpg

Dirinya mengatakan, pemilu tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena semua tahapan harus diwaspadai. Sehingga pelaksanaan pemilu di Jatim bisa berlangsung tertib, sebagaimana yang diinginkan masyarakat.

 Baca juga: Ditunggu Ratusan Pendukung Jokowi, Sandiaga Batal Kunjungi Pasar dan TPI di Banyuwangi

"Semua tahapan kita antisipasi. Ada tiga pola (pengamanan) rawan, rawan 1 dan sangat rawan. Satu TPS 1 anggota dan 2 linmas. Rawan semuanya kami antisipasi," ungkapnya.

Polda Jatim akan menggeser pasukannya ke bagian koordinator wilayah pada 22 Maret 2019. Untuk saat ini situasi di Jatim kondusif, termasuk Madura.

"Kita buktikan pilkada kemarin aman. Saya berharap berkat sinergitas TNI-Polri serta stakeholder yang terlibat dalam pengamanan pilpres dan pileg 2019, pemilu 2019 yang kurang 29 hari lagi dapat terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif," tandasnya.

 Baca juga: Sandiaga Uno Kaget Ada Kader Posyandu di Ciamis Cuma Dapat Rp15 Ribu per Bulan

Peragaan Sispamkota terdiri atas 6 Tahapan yakni, tahap distribusi surat suara dilanjutkan tahapan kampanye. Kemudian masa tenang, tahapan pemungutan suara, tahapan hasil pemungutan suara dan diakhiri dengan tahapan Sispamkota.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini