nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ada Harapan VW Produksi Beetle Bertenaga Listrik

Mufrod, Jurnalis · Kamis 21 Maret 2019 21:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 21 15 2033296 tak-ada-harapan-vw-produksi-beetle-bertenaga-listrik-Lwef9HvAOa.jpg Volkswagen Kodok (Foto: Ist)

WOLFSBURG - CEO Volkswagen Group Herbert Diess akhirnya mematahkan rumor, generasi terakhir VW Beetle akan mengusung teknologi listrik. Meski sebutan mobil kodok di Indonesia ini memiliki sejarah panjang di banyak negara.

Sejak 1938 dan generasi terbarunya 8 tahun diluncurkan, menjadi waktu yang cukup bagi VW mempertahankan Beetle sebagai kendaraan legendaris dengan masa produksi yang lama meski generasi terbarunya tetap ditawarkan kepada konsumen.

VW menilai masa yang cukup lama, menjadi momentum bagi produsen mobil terbesar di dunia untuk menawarkan model lain sebagai pengganti VW Beetle di pasar automotif dunia.

 

Saat ini VW tengah konsentrasi dengan model ID Buzz produksi mobil bertenaga listrik yang model konsepnya diberi nama I.D. Buzz. Mikrobus yang merupakan generasi modern dari Transporter atau Kombi tersebut bakal meluncur pada 2022. I.D. Buzz menjadi kendaraan listrik kedua dalam keluarga I.D setelah sebelumnya ada I.D. hatchback yang diperkenalkan di Paris, Prancis, pada tahun lalu.

VW I.D. Buzz akan menjadi kenyataan dan dipasarkan dalam lima tahun lagi, tapi sampai sekarang VW belum berkomentar soal powertrain yang akan digunakan Buzz, apakah sama dengan versi konsepnya atau ada perbedaan. Namun, sebagaimana diberitakan Carscoops, VW hanya memastikan bahwa baterai akan dipasang di bawah lantai mobil.

Mengenai keputusan VW untuk memproduksi I.D. Buzz dilandasi oleh banyaknya permintaan dari konsumen supaya VW menjadikan mobil tersebut tidak hanya sebatas konsep tapi juga diproduksi secara massal.

"Setelah presentasi di pameran automotif di Detroit dan Jenewa, kami menerima banyak surat dan email dari pelanggan yang mengatakan, 'Tolong bangun mobil ini'. Mikrobus telah lama menjadi bagian dari gaya hidup California. Sekarang kita membawanya kembali dengan menginvestasikannya kembali sebagai kendaraan listrik," kata CEO VW, Herbert Diess.

VW I.D. Buzz diperkenalkan di ajang Detroit Motor Show pada Januari lalu. Melihat bentuknya, Buzz masih terbilang mirip dengan Kombi.

 

Mobil ini memiliki gaya retro yang dilengkapi dengan dua motor listrik. Bila kedua motor bekerja secara bersamaan maka tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 374 ps. Sistem penggeraknya akan menggunakan 4WD. Akselerasi dari 0 sampai 96 km/jam dapat dicapai dalam 5 detik dengan kecepatan tertinggi 160 km/jam.

VW telah berinvestasi besar demi mengembangkan platform MEB. Platform baru itu akan digunakan dalam membangun mobil listrik seperti I.D. hatchback, I.D. Crozz SUV, dan I.D. Buzz sendiri.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini