Pengamat: Peluang Perindo Lolos ke Senayan Terbuka Lebar

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 22 Maret 2019 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 22 605 2033491 pengamat-peluang-perindo-lolos-ke-senayan-terbuka-lebar-nOnq5NN9JF.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Calon presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) memprediksi Partai Persatuan Indonesia (Perindo) akan lolos ke Senayan, seperti yang ditentukan dalam ambang batas 4%. Prediksi Jokowi itu pun dianggap memberikan optimisme kepada partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut.

Analis Politik, Arif Nurul Iman menganggap Perindo minimal bisa lolos parliamentary threshold (PT) jika membuat peta dapil, kemudian fokus dapil mana saja yang harus digarap secara serius sehingga bisa terpenuhi kursi PT.

"Artinya, peluang lolos Senayan masih terbuka lebar dengan syarat melakukan kerja-kerja politik secara efektif, tepat sasaran dan terukur," ujar Arif, Kamis 21 Maret 2019.

 s

Menurut Arif, kader Perindo mesti menyasar pemilih yang belum menentukan pilihan, dengan cara didekati dan yakinkan. Apalagi banyak program Perindo yang diperuntukkan bagi orang kecil seperti Gerobak Perindo yang dianggapnya program populis.

Terkait dengan kemungkinan Perindo bisa mendapatkan limpahan elektabilitas dari Jokowi, hal tersebut dianggapnya tetap terbuka lebar. Hanya ketika bicara efek ekor jas, maka partai yang paling banyak diuntungkan yakni PDIP sebagai partai pengusung utama.

"Perindo bisa dapat efek itu meski tidak besar, kecuali bisa melakukan kerja-kerja politik terobosan bagaimana mengasosiasikan secara kuat sebagai bagian pendukung Jokowi," kata Direktur Indostrategi itu.

 sd

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini