Prima DMI Pantau Aktivitas Kampanye di Masjid dan Musala

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 23 Maret 2019 17:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 23 605 2034015 prima-dmi-pantau-aktivitas-kampanye-di-masjid-dan-musala-TBFNy2yo90.jpg Foto: Rizki/Okezone

JAKARTA - Menyikapi maraknya kampanye yang terjadi di tempat ibadah Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI), membuat program pemantauan kampanye di rumah ibadah.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Prima DMI, Haris Zainuddin menjelaskan dalam program tersebut pihaknya akan memantau aktivitas kampanye di masjid maupun musala yang ada di seluruh Indonesia.

"Pemantauan akan dilakukan terhadap aktivitas masjid atau musala seperti khutbah Jum'at, ceramah pengajian, taklim," kata Haris di kantor PP DMI, Jalan Surabaya, Jakarta Pusat, Sabtu, (23/3/2019).

Adapun, kata Haris ada beberapa poin yang yang menjadi penilaian Prima DMI dalam pemantauan tersebut. Pertama terkait muatan materi yang menyampaikan visi misi salah satu pasangan calon presiden atau calon anggota legislatif.

"Kedua, adanya muatan materi yang menyampaikan program salah satu pasangan Capres atau Caleg. Ketiga adanya muatan materi yang menyampaikan citra diri salah satu paslon Capres maupun Caleg," terangnya.

 sd

Selain itu, tambahnya, kampanye hitam yang menyampaikan berita bohong, fitnah, menghina seseorang, SARA, menghasut, dan mengancam melakukan kekerasan terhadap masyarakat maupun peserta pemilu.

Kemudian politik uang atau materi lainnya kepada peserta pemilu di dalam masjid maupun musala untuk kepentingan Pemilu 2019.

"Pengawasan juga dilakukan terhadap atribut kampanye di masjid dan musala," tambahnya.

Prima DMI juga melibatkan masyarakat untuk turut aktif melaporkan dengan cara menemui pengawas pemilu atau Bawaslu di posko peloporan yang ada.

"Pelapor juga bisa menghubungi nomor kontak atau WhatsApp Prima DMI dan google form untuk memudahkan pelaporan," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini