nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidak UNBK SMK, Mendikbud Temui Masih Ada Ujian 'Jadul'

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 26 65 2035156 sidak-unbk-smk-mendikbud-temui-masih-ada-ujian-jadul-7BS4UvKfgK.jpg Foto: Mendikbud (Okezone)

MALANG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah SMK yang tengah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Malang.

Sejak pagi Mendikbud beserta rombongan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) meninjau beberapa sekolah SMK mulai Kecamatan Singosari, Kabupatèn Malang, hingga SMK El Hayat di Kota Malang.

Dalam pemaparannya, Mendikbud menjelaskan pelaksanaan UN hingga hari kedua ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun. Selain itu mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga berujar ada kenaikan sekolah yang menyelenggarakan UNBK.

"Pelaksanaan baik-baik. Lancar saja, kemudian tahun ini ada kenaikan drastis 91% peserta UN sudah menggunakan komputer semua," katanya di Malang, Selasa (26/3/2019).

 Baca Juga: Siswa Siswi di Cirebon Gunakan Modem untuk UNBK

Namun Mendikbud, masih menyoroti sekolah - sekolah yang masih menyelenggarakan UN dengan metode pengerjaan lama dengan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK).

" Tinggal 11% wilayah yang belum terjangkau oleh jaringan online," katanya.

Dirinya menargetkan tahun depan sudah seluruh sekolah di Indonesia bisa menyelenggarakan UN berbasis komputer online. "Mudah-mudahan tahun depan bisa 100%," katanya.

 Baca Juga: Soal UN Matematika Sulit, Instagram Kemdikbud Kembali Dihujani Komentar

Sebagai informasi UN tingkat SMK sederajat digelar sejak Senin 25 Maret 2019 hingga Kamis 27 Maret 2019.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini