nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Pemotongan Jasa Pelayanan, Kepala Puskesmas Widang Terjaring OTT

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 19:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 28 519 2036314 lakukan-pemotongan-jasa-pelayanan-kepala-puskesmas-widang-terjaring-ott-klSUN6jEgz.jpg Polda Jatim Gelar Perkara OTT Kepala Puskesmas Widang Terkait Pemotongan Anggaran Jasa Pelayanan (foto: Syaiful Islam/Okezone)

SURABAYA - Subdit III Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Kepala Puskesmas (Kapus) Widang, Kabupaten Tuban, Jatim, SP (45). Pasalnya, SP disinyalir melakukan tindak pidana pemotongan uang jasa pelayanan (jaspel) dan biaya operasional kegiatan (BOK) staf puskesmas.

Dalam OTT tersebut, polisi menyita uang sebesar Rp 171 juta untuk dijadikan barang bukti (BB). Dalam kasus ini penyidik menetapkan SP sebagai tersangka. Namun polisi belum melakukan penahanan terhadap tersangka karena pertimbangan tertentu.

Baca Juga: Tetapkan Lurah Kalibaru Depok Tersangka, Polisi Sita Dokumen dan Uang Rp5 Juta 

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan menjelaskan, pada 25 Maret telah mengamankan SP karena diduga telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai Kapus. Di mana tersanga diduga telah melakukan pemotongan jaspel dan BOK tanpa adanya kesepakatan, dan tidak ada dasar hukumnya.

 

"Modusnya tersangka membuat daftar nominal jumlah uang jaspel untuk dipotong dari staf puskesmas. Jumlah pemotongannya bervariasi dalam setiap bulannya mulai Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta untuk masing-masing staf puskemas," kata Yusep, Kamis (28/3/2019).

Kemudian uang tersebut dikumpulkan oleh bendahara puskesmas. Selanjutnya disetorkan ke rekening penampungan yang dibuka oleh salah satu staf TU atas perintah tersangka SP. Dari jumlah uang jaspel yang dipotong tersangka menerima keuntungan 40 persen.

"Pemotongan ini dilakukan sejak empat bulan terakhir. Ada 36 karyawan yang bekerja di puskesmas tersebut. Kami masih terus mengembangkan kasus pemotongan dana jaspel ini," ucap Yusep.

Baca Juga: Pungli Pembuatan E-KTP, 2 Pegawai Disdukcapil Jadi Tersangka

OTT Kepala Puskesmas Widang Terkait Pemotongan Jasa Pelayanan (foto: Syaiful Islam/Okezone)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini