nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Tanggapan Psikolog soal Viral Penganiayaan Anak oleh Ibu di Pinggir Jalan

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 29 519 2036556 ini-tanggapan-psikolog-soal-viral-penganiayaan-anak-oleh-ibu-di-pinggir-jalan-DEgZLw1KcG.jpg Kekerasan Anak (SHutterstock)

MALANG - Viralnya video seorang perempuan dewasa yang memperlakukan anaknya tak baik memberikan banyak pelajaran terutama kaitan dengan interaksi anak dan orang tua.

Psikolog Anak Nirma Yulidya menuturkan, pentingnya pola asuh dan komunikasi yang intens antara anak dan orang tua supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

 Baca juga: Ibu Penganiaya Anak Perempuan yang Videonya Viral Akhirnya Minta Maaf

"Jangan sampai akan terjadi ini lagi. Kita orang tua harus bisa berkomunikasi seperti apa ke anak, dan anak juga harus bisa berkomunikasi seperti apa ke orang tua," ucap Nirma saat dihubungi Okezone, Jumat (29/3/2019).

Menurutnya, saat ini banyak orang tua yang hanya memberikan fasilitas terhadap anaknya dengan sekolah di tempat yang bagus, les di tempat yang bagus atau fasilitas lainnya, tapi tak melihat sisi lain pola interaksi anak dan orang tua.

 Baca juga: Polisi Kantongi Identitas Ibu Penganiaya Anak yang Videonya Viral di Medsos

"Karena ini komunikasi anak dan orang tua masih cenderung memprihatinkan. Karena anak dianggap baik - baik saja dengan fasilitas dan berada di tempat sekolah dan les yang bagus. Secara material cukup tapi tidak cukup sampai di situ saja," lanjut perempuan yang juga dosen di Universitas Gajayana ini.

Sementara itu Kasubbag Humas Polres Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengingatkan sebagai sesama orang untuk tidak melakukan kekerasan di ruang publik.

 Baca juga: Ibu Usir Anak dari Mobil Viral, Psikolog Ungkap Dampak Psikis ke Korban

"Kalau memang anak salah ya tolonglah dihukum di rumah jangan di pinggir jalan. Sekarang kan zaman sudah canggih, kalau di ruang publik nanti mengundang persepsi orang lagi," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini