Lakukan 6 Hal Ini supaya Hari Pertama Kerja Nggak Canggung

Sabtu 30 Maret 2019 07:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 29 65 2036646 lakukan-6-hal-ini-supaya-hari-pertama-kerja-nggak-canggung-Dh2tyfk0jS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Permulaan adalah bagian paling penting dari pekerjaan. Demikian kata Plato, filsuf dan matematikawan asal Yunani. Ya, sampai saat ini ungkapan filsuf besar dunia itu masih berlaku. Tak terkecuali bagi siapa saja yang akan menghadapi hari pertama bekerja di sebuah perusahaan.

Istilah lain, kesan pertama harus menggoda. Itulah yang harus kamu lakukan saat masuk kerja di hari pertama. Bagaimana kamu bisa memberikan kesan terbaik saat pertama kali masuk kerja dan apa saja hal-hal yang harus kamu lakukan? Berikut uraiannya yang dilansir dari laman CekAja.com:

Baca Juga: Minat Kerja Jadi Sales? Cek Keuntungan dan Gajinya

Datang tepat waktu

Sudah seharusnya sebagai karyawan baru di sebuah perusahaan, kamu datang ke kantor tepat waktu. Tunjukan bahwa kamu benar-benar serius bekerja di perusahaan yang kamu impikan. Kesan buruk tentu akan melekat jika kamu datang terlambat di hari pertama kerja. Jangan sampai kesan buruk ini terus melekat sepanjang kariermu.

Bagaimana seharusnya agar terhindar dari keterlambatan? Jam masuk kerja biasanya mulai dari pukul 08.00 atau 09.00. Jika lokasi kantor kamu tidak jauh dari tempat tinggal, maka perkirakan berapa waktu tempuh untuk sampai ke kantor. Sebaliknya, jika kantor kamu jauh dari tempat tinggal, maka upayakan datang sepagi mungkin agar terhindar dari kemacetan jalanan.

kerja

Menyapa teman kerja

Dari pada planga plongo saat masuk kerja di hari pertama, sebaiknya kamu mengakrabkan dan meleburkan diri bersama teman kerja lain. Hal yang harus kamu lakukan adalah menjabat tangan sambil kenalan dengan rekan kerja. Jangan sampai kamu menjadi public enemy yang terlihat angkuh sebagai orang baru.

Seorang pakar kebahagiaan Gretchen Rubin mengatakan, berjabat tangan dengan orang baru mampu mempererat hubungan. Dari sisi agama pun, berjabat tangan atau bersalaman memiliki nilai baik yang bisa mengugurkan dosa-dosa seseorang.

Antusias

Jangan harap kamu mendapat kesan yang baik kalau di hari pertama kerja kamu terlihat lemah, lesu atau gak bergairah. Tunjukanlah semangatmu yang membara saat bekerja di hari pertama. Tunjukan pula sikap antusias kamu kepada atasan dan rekan kerja sekantor dengan tulus dan ikhlas tanpa dibuat-buat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangkitkan semangat kerja. Misalnya, kamu bisa bekerja sambil mendengarkan musik yang kamu sukai dan tentunya musik yang memicu semangat. Namun, ini berlaku buat yang pekerjaannya diperbolehkan mendengarkan musik ya. Selain itu, biar semangat kamu membara, konsumsi makanan atau minuman seperti kopi atau camilan biar kamu tetap tampak segar.

Rapikan meja kerja

Jangan menilai buku dari sampulnya, tapi kalau menilai seseorang dari kerapiannya boleh lah. Karena kata orang penampilan menunjukan sikap seseorang tersebut. Nah, buat kamu yang masuk kerja di hari pertama, salah satu yang harus kamu lakukan adalah merapikan meja kerja dan menyusunnya biar lebih cantik.

Semangat bekerja memang bisa dipengaruhi bagaimana kondisi mood. Dan mood yang bagus atau jelek bisa datang dari kondisi sekeliling kamu. Gak mungkin dong meja kerja berantakan kamu tetap nyaman-nyaman saja seperti gak ada masalah?

kerja

Susun daftar pekerjaan untuk esok hari

Hari pertama kerja biasanya gak langsung mengerjakan tugas sebagaimana karyawan lain. Hari kerja normal biasanya dimulai keesokan harinya. Nah, biar keesokan harinya kamu gak terlalu repot, lebih baik susun daftar pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan esok hari. Ini bisa dilakukan di kantor saat curi-curi waktu atau di rumah kamu saat pulang kerja.

Pamit pulang

Jika ketika masuk kantor kamu biasa menyapa dan berjabat tangan dengan rekan kerja, maka lakukan pula ketika kamu pulang. Ucapkan pamit pulang kerja atau say hi kepada rekan kerja atau bos. Meski sepele, mengucapkan salam atau jabat tangan saat pulang kerja kepada para rekan kerja bisa membuat kamu dengan teman lain lebih akrab dan dekat.

Saat selesai kerja, kamu bisa langsung pulang ke rumah atau sejenak melepas lelah di taman, pantry atau ruang santai yang ada di kantor. Cara sederhana ini bisa menghilangkan capek kamu yang seharian bekerja atau sibuk berkenalan dengan suasana kantor baru. Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika hari pertama kerja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini