nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Ini Denda Pengemudi Merokok Lebih Mahal dari Indonesia

Mufrod, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 01 15 2037907 kota-ini-denda-pengemudi-merokok-lebih-mahal-dari-indonesia-QGoxIdHuit.jpg Ilustrasi pengendara motor merokok (Foto: Hipwee)

LONDON - Merokok saat berkendara ataupun mengemudi larangannya tak hanya diterapkan di Indonesia saja. Salah satu kota di Inggris yakni London juga menerapkan aturan yang sama. Bahkan dendanya lebih mahal dari Indonesia.

Bagi setiap orang yang kedapatan melanggar aturan larangan merokok sambil mengemudi akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar 50 poundsterling atau setara dengan Rp1,1 juta. Jumlah tersebut lebih mahal dari Indonesia yang menerapkan denda sebesar Rp750 ribu.

 

Namun aturan di London tersebut diklasifikasikan dengan pelanggaran bagi pengemudi yang merokok tembakau. Aturan tersebut tidak berlaku bagi pengemudi yang merokok elektrik.

Di Indonesia sendiri pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan aturan melalui Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Pengendara yang melanggar dikenakan Pasal 283 atas pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman kurungan tiga bulan penjara atau denda Rp750 ribu. Selama penerapan aturan tersebut kata Nasir, tercatat sudah ada 652 pengendara yang ditilang akibat hal tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini