nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Mobil MINI Tambah Daftar Panjang Tutup Pabrik di Inggris

Mufrod, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 07:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 02 15 2038364 produsen-mobil-mini-tambah-daftar-panjang-tutup-pabrik-di-inggris-cfkWuiENKN.jpg Pekerja tengah memproduksi MINI (Foto: Carscoops)

LONDON - Produsen mobil MINI akan menutup pabriknya yang berada di Oxford, terkait adanya masalah Brexit. Langkah ini menambah daftar panjang beberapa produsen yang menutup pabriknya setelah pabrik Honda di Swindon.

Penutupan pabrik ini selain akan mengganggu suplai produksi yang berjalan seperti biasanya, juga akan berdampak semakin bertambahnya karyawan pabrik yang menganggur. Namun belum diketahui berapa banyak karyawan di pabrik MINI yang akan menganggur akibat keputusan tersebut.

 

Penutupan pabrik MINI menurut Dewan Kota Oxford, Tom Hayes bahwa keputusan penutupan pabrik tersebut merupakan langkah yang memalukan karena telah meninggalkan banyak karyawan yang tak bekerja selama sebulan.

"Kami sangat menyesal tidak dapat membantu para pekerja pabrik Cowley Mini, kita sebelumnya sudah berusaha berhati-hati dalam menghadapi kekacauan dari keputusan pemerintah, namun langkah yang telah dilakukan tetap tidak bisa mencegah penutupan pabrik," kata Hayes seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (3/4/2019).

 

Produsen MINI sendiri telah menghentikan kegiatan pabrik pada 29 Maret kemarin, yang seharusnya langkah tersebut dilakukan pada akhir tahun ini.

 

BMW sendiri telah berbicara kepada Pemerintah Inggris terkait langkah yang dilakukan keluar dari Uni Eropa. Risiko yang akan dilakukan BMW yakni akan memindahkan seluruh fasilitas pabrik yang dimilikinya pindah ke Belanda.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini