nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal dan Kunci Jawaban UNBK SMA Bocor via Line, Ini Tanggapan Disdik Jateng

Agregasi Solopos, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 17:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 03 65 2038698 soal-dan-kunci-jawaban-unbk-sma-bocor-via-line-ini-tanggapan-disdik-jateng-6vIsExOI1q.jpg Ilustrasi UNBK (Foto: Okezone)

SOLO - Para siswa SMA di Solo diimbau tak gampang memercayai bocoran soal dan kunci jawaban Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang beredar melalui aplikasi pesan Line.

Sebagaimana diinformasikan, beberapa siswa SMA di Solo mengaku mendapatkan bocoran soal dan kunci jawaban UNBK 2019 melalui Line, Selasa (2/4/2019). Soal dan jawabannya itu untuk UNBK mata pelajaran Matematika.

 Baca juga: Bocor! Soal dan Kunci Jawaban UNBK SMA Beredar via Line di Solo

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VII Solo dan Sukoharjo, Suyanta, meminta para siswa tidak percaya dengan adanya kunci jawaban palsu yang banyak beredar menjelang pelaksanaan ujian nasional. Hal itu sangat merugikan.

 UNBK

“Kami juga mengimbau para siswa selalu berdoa dan fokus agar ujian berjalan lancar,” ujar Suyanta saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (3/4/2019).

 Baca juga: Virus Serang Komputer SMA di Semarang, UNBK Akan Diulang 15-16 April

Suyanta memastikan pelaksanaan UNBK di Wilayah VII berjalan lancar. “Hal itu karena pihak-pihak terkait sudah melakukan persiapan, mulai dari Dinas Pendidikan, sekolah, kepolisian dari segi keamanan, bahkan hingga ketersediaan listrik,” ujarnya.

Salah seorang siswa SMAN 5 Solo yang enggan disebutkan namanya sebelumnya mengaku dirinya dan beberapa siswa lain di sekolah tersebut sering mendapatkan tawaran oleh oknum tak dikenal untuk mendapatkan kunci jawaban. Kunci jawaban tersebut ditawarkan dengan harga mulai dari Rp250.000 hingga Rp300.000.

 Baca juga: UNBK SMA di Jakarta Hari Ini Berjalan Lancar, Tak Ada Gangguan Server

Sayangnya, siswa tersebut mengaku tidak tahu menahu orang yang kali pertama menawarkan kunci jawaban tersebut. Informasi itu biasanya diperoleh dari para siswa yang disebar dari mulut ke mulut.

“Saya tahunya ya dari teman-teman. Tapi teman satu kelas saya, setahu saya juga tidak ada yang membeli, mungkin teman yang beda kelas ada,” ungkapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini