nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Mengerjakan Soal UTBK 'Anti Pusing'

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 19:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 05 65 2039652 tips-mengerjakan-soal-utbk-anti-pusing-7BJUUZw1zM.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA – Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dimulai pekan depan. Tepatnya pada tanggal 13 April-4 Mei 2019 untuk gelombang pertama sedangkan gelombang kedua pada 11 Mei - 26 Mei 2019.

Wakil Ketua 1 Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Joni Hermana memberikan tips mengerjakan soal UTBK ‘anti pusing’. Dia menyatakan, dalam menghadapi ujian tersebut peserta diminta untung tenang berpikir alias jangan panik. Menurutnya, tak perlu berlama-lama memikirkan mana soal yang mudah atau yang sulit.

“Pokoknya dalam mengerjakan soal tak perlu memusingkan mana soal yang susah dan yang mudah. Setiap peserta baiknya berkonsentrasi dan mengerjakan selengkapnya,” kata dia kepada Okezone, Jakarta, Jumat (5/4/2019),

 Baca Juga: UTBK SBMPTN 2019 Resmi Dibuka, Simak Biaya hingga Jadwal Ujiannya!

Joni menjelaskan, dalam sistem penilaian SBMPTN tahun ini tidak diterapkan pengurangan nilai jika terdapat jawaban yang salah. Oleh sebab itu, dia menyarankan setiap peserta menjawab saja semua soal yang diberikan oleh panitia.

Hal itu untuk memaksimalkan kemungkinan adanya jawaban yang benar, ketimbang tak diisi. “Sekarang tidak ada nilai negatif atau minus (kalau jawaban salah), jadi isi semuanya saja,” kata dia.

Lebuh lanjut, persiapan lainnya yang juga perlu dilakukan peserta yakni menjaga kesehatannya, agar dapat menghadapi ujian dengan baik. Terlebih ujian akan memakan waktu yang panjang yakni 3,5 jam.

“Jadi perlu jaga kesehatan, karena kalau sudah ujian itu kan 3,5 jam enggak bisa keluar ruangan,” katanya.

 Baca Juga: Jumlah Pendaftar UTBK Gelombang II Capai 361.366 Siswa

Sekadar diketahui, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 digelar 10 kali di setiap gelombangnya dengan materi tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA). Di mana setiap harinya akan ada dua sesi tes yaitu pada pagi dan siang, sehingga akan ada sebanyak 20 sesi. Namun tes dikecualikan pada hari libur nasional.

Adapun pengumuman hasil tes akan keluar paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK. Setidaknya sebanyak 755.593 peserta akan mengikuti UTBK gelombang pertama, sedangkan di gelombang kedua sekitar 600.000 peserta.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini