nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI: Monumen Pesawat MIG 17 Fresco Bukti Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 06 April 2019 15:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 06 512 2039913 panglima-tni-monumen-pesawat-mig-17-fresco-bukti-sejarah-perjuangan-bangsa-indonesia-L1iy6YBbc1.jpg Peresmian Monumen Pesawat MIG 17 Fresco di Alun-alun Banyumas. (Foto: Puspen TNI)

BANYUMAS – Monumen Pesawat MIG 17 Fresco adalah bukti sejarah bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar senantiasa menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan. Demikian dikatakan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P dalam sambutannya pada acara Peresmian Monumen Pesawat MIG 17 Fresco bertempat di Alun-alun Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu 6 April 2019.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati serta seluruh masyarakat Banyumas. "Berkat dukungan semua pihak sehingga pembangunan ini dapat berjalan lancar dam diselesaikan dengan baik," ucap Marsekal Hadi, Sabtu (6/4/2019).

(Baca juga: Melalui Silaturahmi Kebangsaan, Panglima TNI Ajak Santri Pondok Pesantren Kempek Jaga NKRI)

(Foto: Puspen TNI)

Selanjutnya Panglima TNI menyampakan bahwa saat ini Alun-alun Banyumas memiliki sebuah pesawat legendaris milik TNI AU yakni MIG 17 Fresco. Pesawat asal Rusia itu pernah digunakan TNI AU pada 1960 hingga 1969.

"Pesawat ini sangat berjasa bagi Republik Indonesia, khususnya saat pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. Saat itu pesawat MIG 17 inilah yang di antaranya membuat Belanda memperhitungkan kekuatan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang berada pada urutan keempat dunia waktu itu," ucapnya.

Di akhir sambutan, Marsekal Hadi berharap dengan kehadiran Monumen Pesawat Mig 17 Fresco dapat meningkatkan kebanggaan masyarakat akan TNI dan menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air serta semangat perjuangan semua pihak.

"Semoga pesawat ini menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa untuk menjadi penjelajah dan pelindung angkasa Nusantara," ungkapnya.

(Baca juga: Ponpes Buntet Cirebon Sepakat Jaga NKRI Usai Dikunjungi Kapolri dan Panglima TNI)

(Foto: Puspen TNI)

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolri Komjen Drs Ari Dono Sukmanto, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen M Effendi, Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Marsda Kukuh Sudibyanto, Kapusbintal TNI Laksma Budi Siswanto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono, Bupati Banyumas Achmad Husein, KH Musthofa Aqil Siraj, Habib Alwi al Habsy, Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, serta pejabat daerah Banyumas.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini