nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LTMPT Pastikan Kelancaran Sistem saat UTBK Berlangsung

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 08:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 06 65 2039916 ltmpt-pastikan-kelancaran-sistem-saat-utbk-berlangsung-O1zBGtL6Db.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk gelombang satu akan mulai diselenggarakan pada 13 April-4 Mei 2019. Selanjutnya, untuk gelombang pada 11 Mei-26 Mei 2019.

Wakil Ketua 1 Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Joni Hermana memastikan, selama UTBK berlangsung nantinya, seluruh sistem akan berjalan dengan baik, mencakup kesiapan server dan jaringan.

"Kalau dari segi teknis Insyaallah sudah aman (untuk nanti UTBK)," katanya kepada Okezone, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Baca Juga: Jumlah Pendaftar UTBK Gelombang II Capai 361.366 Siswa

Dia menjelaskan, uji coba secara nasional sudah dilakukan pada akhir Maret lalu. Hasilnya memang terdapat dua lokasi yang bermasalah yakni di wilayah Sumatera dan Jawa, dari sekiatr 80 lokasi ujian. Namun menurutnya, pemasalahan dua lokasi itu segera diatasi oleh LTMPT.

"Ada dua yang bermasalah kemarin, tapi kita sudah tahu penyebabnya apa dan kita perbaiki. Sehingga secara prinsip kalau dari sistem jaringan kita sudah oke," kata dia.

Soal kesiapan lainnya yakni terkait koordinasi, kata Joni, hingga saat ini terus dilakukan. Sehingga diharapkan setiap panitia lokal (panlok) dapat memahami segala proses penyelenggaraan UTBK.

kampus

"Koordinasi dan evaluasi terus dilakukan, karena sosialisasi yang di bawah-bawah (panlok) sudah dilakukan juga. Sehingga diharapkan apa yang kita buat itu betul-betul dipahami oleh pelaksana," jelasnya.

Adapun UTBK akan diikuti 1,3 juta peserta, sebanyak 755.593 peserta pada gelombang pertama dan sekitar 600.000 peserta di gelombang kedua. Ujian akan digelar 10 kali di setiap gelombangnya dengan materi tes potensi skolastik (TPS) dan tes kompetensi akademik (TKA).

Di mana, dalam 10 kali tes itu akan ada dua sesi tes yaitu pada pagi dan siang, sehingga akan ada sebanyak 20 sesi. Namun tes dikecualikan pada hari libur nasional. Adapun pengumuman hasil tes akan keluar paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini