Prabowo Waspadai Hantu & Tuyul Nyoblos, KPU: Kami Berupaya Semaksimal Mungkin

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 07 605 2040056 prabowo-waspadai-hantu-tuyul-nyoblos-kpu-kami-berupaya-semaksimal-mungkin-RQRtn83KIn.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tak bisa memastikan pemilih ‘tuyul’ tak akan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan pada Rabu, 17 April 2019. Namun, KPU akan berupaya sekeras mungkin agar praktek kecurangan dalam pesta demokrasi lima tahunan itu tidak terjadi.

“Ya kita upayakan semaksimal mungkin agar tidak ada pemilih-pemilih tuyul seperti itu,” kata Komisioner KPU RI, Ilham Saputra kepada Okezone, Minggu (7/4/2019).

Menurut dia, kemungkinan praktik kecurangan dalam pileg maupun pilpres sangat kecil terjadi. Hal tersebut karena pihaknya telah memiliki sistem yang baik untuk mencegah segala macam bentuk keculasan.

Ilustrasi.

“Kan sistem kita sudah jalan, sudah ada. Nanti petugas bisa melihat, membuktikan apakah terdaftar dalam DPT atau tidak. Kalau dia tidak, lalu punya KTP, maka dia harus menunggu untuk jadi DPK (daftar pemilih khusus),” kata Ilham.

(Baca juga: Prabowo: Jangan Sampai Tuyul dan Orang Mati Ikut Milih di TPS)

Ilham pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengawasi kinerja lembaganya. Ia tak akan menghalangi siapapun yang berniat untuk melakukan pemantauan agar pesta demokrasi lima tahunan itu berlangsung jujur, bersih dan adil.

“KPU mengimbau untuk masyarakat mengawasi, silakan saja. Kita terbuka untuk diawasi oleh siapapun,” katanya.

Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto mengajak seluruh pendukungnya untuk menjaga setiap TPS agar pemilih yang tidak tercantum dalam DPT tidak bisa memilih di Pemilu 2019. Hal itu dikatakan eks Danjen Kopassus itu saat berorasi dalam kampanye terbuka di Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (6/4).

(Foto: BPN Prabowo-Sandi)

"Saudara-saudara 17 April tinggal 11 hari lagi tolong jaga TPS, jangan sampai ada hantu yang ikut nyoblos, harus dijaga nanti, jangan ada tuyul yang ikut nyoblos. Kalian harus bantu kawal kotak suara, jangan sampai di tengah jalan kotak suara ditukar. Saya tidak akan rela jika masih ada rakyat yang tidak makan, saya tidak rela kalau masih ada seorang ibu yang gantung diri karena anaknya tidak makan. Kami bertekad dan kami sedang menyusun tim karena kami bertekad kami bisa merubah keadaan saat ini," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini