Hasil Survei Menanjak, Caleg Perindo Masif Terjun ke Masyarakat Jelang Pencoblosan

Wijayakusuma, Jurnalis · Minggu 07 April 2019 07:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 07 606 2040086 hasil-survei-menanjak-caleg-perindo-masif-terjun-ke-masyarakat-jelang-pencoblosan-MQIljQMLZ1.jpg (Foto: Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI - Beberapa hari jelang Pemilu 2019, calon legislatif (caleg) Partai Perindo kian masif terjun ke masyarakat melakukan sosialisasi sekaligus memberikan edukasi tata cara pencoblosan. Upaya ini untuk lebih mendekatkan para caleg dengan masyarakat di dapilnya masing-masing.

Berlokasi di Perumahan Bukit Kencana, Jatimakmur, Pondokgede, Kota Bekasi, Jawa Barat, caleg DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Bekasi-Depok), Henky Eko Sriyantono bersama caleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil VIII (Kota Bekasi-Depok), Dudung Prilaksono, turut memberikan sosialisasi kepada warga sekitar terkait surat suara.

"Banyak masyarakat yang sampai saat ini masih bingung karena ada lima surat suara. Sebagai caleg Perindo kami sangat peduli dengan hal itu dan kami jelaskan cara mencoblos. Saya sendiri memperkenalkan diri sebagai caleg DPR RI dengan surat suaranya warna kuning, dan juga Pak Dudung sebagai caleg provinsi, surat suaranya warna biru," kata Henky Eko Sriyantono atau Cak Eko di lokasi, Sabtu (6/4/2019).

Foto: Wijayakusuma/Okezone

Selain memberikan edukasi tentang pencoblosan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar tidak golput. Karena bagaimanapun satu suara sangat berarti dalam menentukan nasib Indonesia maupun provinsi Jawa Barat selama lima tahun ke depan.

"Karenanya kami memberikan satu motivasi kepada masyarakat agar datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 memanfaatkan hak suara, jadi di semua tingkatan dari DPR RI, DPRD provinsi maupun DPRD kota/kabupaten," ujarnya.

Wasekjen DPP UMKM Perindo itu menjelaskan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu, demi menghindari sejumlah kecurangan yang rentan terjadi.

"Tentunya harus ikut memantau pada saat penghitungan suara. Paling tidak kecurangan itu bisa diminimalisir kalau memang masyarakat peduli terhadap proses penghitungan suara. Jadi jangan sampai suara itu berbeda pada saat di TPS, terus masuk ke kelurahan, kecamatan," imbuhnya.

Peluang Perindo di Pemilu 2019 sendiri diakui Cak Eko cukup besar berdasarkan hasil survei. Elektabilitas Perindo kian menanjak seiring pergerakan para caleg yang kian masif ke masyarakat.

"Saat ini tren surveinya menanjak terus. Berdasarkan hasil survei terakhir yang dari LSI itu menunjukkan grafik yang cukup menggembirakan. Jadi kami seluruh caleg di semua tingkatan dituntut untuk militan terjun ke masyarakat di sisa-sisa waktu ini," ujarnya.

Sementara Dudung Prilaksono mengatakan, warga sangat antusias dengan pemberian edukasi terkait pencoblosan yang memang belum dipahami sepenuhnya oleh mereka.

"Memang informasi ini penting sekali. Warga cenderung menebak-nebak karena sosialisasi dari KPU juga masih minim. Ketika kami turun, mereka akhirnya bisa menangkap secara jelas," katanya.

Selain itu warga juga diberikan motivasi agar memilih partai dan caleg yang benar-benar bekerja secara nyata, bukan yang hanya memanfaatkan momentum kampanye untuk mencari suara saja.

"Dalam hal ini Perindo dan caleg-calegnya aktif turun ke lapangan untuk memberikan aksi nyatanya kepada masyarakat. Dan ini pun bukan hanya pada masa kampanye saja, tapi akan terus berkelanjutan," ungkap caleg nomor urut 4 itu.

Melihat peluang yang cukup besar di Pemilu 2019, ia optimis Perindo mampu mencapai target tiga besar sebagaimana instruksi Ketum Hary Tanoesoedibjo.

"Saat ini kan surveinya cenderung meningkat. Sekarang ini masih di angka 3,9. InsyaAllah masuk di 4 persen. Secara di Jawa Barat Perindo juga sangat kuat," ujarnya.

"Kita juga ada instruksi khusus untuk terjun memperkenalkan diri ke masyarakat karena ini tinggal beberapa hari saja. Kalau tidak kenal, masyarakat tentunya tidak akan memilih. Dan jika mereka sembarangan memilih, dikhawatirkan di parlemen itu tidak akan solid," ucapnya.

Rudita Yuana, salah seorang warga yang hadir mengatakan, warga setempat sangat terbantu dengan adanya giat sosialisasi dan edukasi dari caleg Perindo terkait pencoblosan.

"Cukup baik ya, karena saya rasa masih banyak masyarakat yang belum tahu, apalagi dengan banyaknya hoaks yang beredar. Jadi ya ini lebih mempermudah warga tentang pencoblosan," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini